Kick Off Festival Nan Sarunai, Bupati Anang: Ikhtiar Bersama Wujudkan Tabalong Serambi Depan Kalsel

0

SEBAGAI upaya dalam mewujudkan Kabupaten Tabalong sebagai Serambi Depan Kalsel Penyangga IKN, pemerintah setempat menggelar Kick Off Festival Nan Sarunai, dengan tema ‘Batik Tabalong Ethnic.’.

DENGAN didukung CSR PT Adaro Indonesia, event ini menyuguhkan aneka Batik Tabalong buatan pengrajin lokal. Festival mengambil tempat di Duta Mall Banjarmasin, Minggu (15/10/2023).

Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani mengatakan, Festival Nan Sarunai ini menjadi ikhtiar bersama dalam mewujudkan Kabupaten Tabalong sebagai Serambi Depan Kalsel. “Melalui festival ini kita mengenalkan budaya dan kreasi Tabalong ke masyarakat luar,” ujar Bupati Anang.

Dari segi budaya Batik Tabalong ini melengkapi khazanah Kain Sasirangan dengan berbagi motif yang bisa menjembatani Budaya Banjar dan Dayak di Kabupaten Tabalong.

BACA: Festival Budaya Dayak Ma’anyan 2023, Bupati Anang: Kita Sudah Mengembangkan wisata Dengan Benar

“Kita patut berbangga, karena Batik Tabalong ini telah merambah pasar nasional hingga internasional,” tambahnya.

Anang berharap, melalui Festival Nan Sarunai dapat menunjang dan memajukan UMKM lokal, khususnya pengrajin Batik Tabalong.

Sementara itu, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Provinsi Kalsel Nurul Fajar Desira, mengaku kagum dan bangga akan keindahan dan daya tarik Batik Tabalong.

“Kehadiran Batik Tabalong ini menambah corak kain khas sasirangan, dan ini menjadi bukti peran Tabalong sebagai gerbang IKN,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Hery Yusmida
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.