Boyong Medali Emas Ajang O2SN 2023 di Jakarta, Siswa SMKN 1 Tanjung Harumkan Nama Tabalong

0

HAIKAL, siswa SMKN 1 Tanjung berhasil mengharumkan nama Kabupaten Tabalong di ajang nasional, usai mempersembahkan medali emas cabor atletik pada Olimpiade Olaharga Siswa Nasional (O2SN) tahun 2023 di Jakarta.

DALAM O2SN 2023 berlangsung di Jakarta dan Bogor hingga penutupan berpusat di Kantor Kemendikbudristek, Jakarta pada Sabtu (23/9/2023) lalu mempertandingkan 9 cabang olahraga. Yakni, senam, atletik, bulutangkis, renang, karate dan pencak silat pada 10-16 September 2023.

Saat kompetisi berlangsung yang diikuti para atlet muda khususnya dari kalangan pelajar SMA sederajat ini, Haikal berhasil keluar sebagai juara dalam cabor atletik.

Haikal yang menjadi duta Tabalong dalam O2SN berhasil mengumpulkan poin tertinggi sebanyak 2.853. Siswa SMKN 1 Tanjung berhasil unggul dibanding rivalnya dari Jawa Tengah dan Sulawesi Tenggara di babak final lari 800 meter.

BACA : Pendaftaran Putra Putri Pariwisata Tabalong 2023 Dibuka, Disporapar Targetkan 50 Peserta

Tergabung dalam klub Wasaka Atletik, Desa Puain Kanan, Kecamatan Tanta, Kabupaten Tabalong, Haikal mengaku bersyukur dengan pencapaian prestasi tersebut dengan memboyong pulang medali emas O2SN 2023.

Sebab, sebelumnya, siswa yang kini berumur 12 tahun ini sempat gagal pada ajang besar tingkat pelajar seperti Pekan Olahraga Pelajar Nasional (PONAS) 2023 di Palembang dan seleksi Student Athletics Championship (SAC) Indonesia di Banjarbaru.

“Saya belajar dari kegagalan dua kali event itu, kali ini bisa merebut titel juara. Saya bersyukur dapat membawa nama baik sekolah dan daerah, khususnya Kabupaten Tabalong dan klub Wasaka Atletik,” kata Haikal.

BACA JUGA : Raih Penghargaan ANRI, Bupati Tabalong Pastikan Terapkan Aplikasi Srikandi hingga Pemdes

Yupirahman, guru SMKN 1 Tanjung mengaku bangga dengan prestasi anak didiknya. Saat mendampingi Haikal dalam mengarungi ajang kejuaraan berskala nasional di Jakarta itu, dorongan semangat untuk meraih prestasi terbaik bagi daerah selalu diberikan.

“Ke depan, Haikal dalam menghadapi event berikutnya bukan lagi berstatus pelajar. Dia bisa mengikutinya even olahraga umum. Jadi, harapannya latihan intensif dan teratur harus tetap dijaga,” kata Yupirahman.

BACA JUGA : Tunggu Pengesahan, Bupati Tabalong Minta Percepatan Realisasi Program Kerja APBD-P 2023

Menurut dia, pihak sekolah terus mendorong para anak didiknya untuk mengukir prestasi di kala usia muda, karena hal itu akan bisa meningkat jika terus diasah.

“Dalam waktu dekat ini, Haikal akan dipersiapkan kembali guna mengikuti lomba lari sejauh 5 kilometer di Banjarbaru. Keikutsertaan Haikal untuk persiapan menghadapi Kejurprov Kalsel mendatang,” pungkas Yupirahman.(jejakrekam)

Penulis Herry Yusminda
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.