Mengaku Tak Ada Sosialisasi, Penghuni Grand Batuah Mahatama Tolak Pembangunan TPS 3R

0

WARGA Komplek Grand Batuah Mahatma, Kelurahan Tanjung Pagar, Kecamatan Banjarmasin Selatan bermain- ramai mendatangi lokasi pembangunan tempat pengolahan sampah reduce, reuse dan recycle (TPS 3R), yang rencananya dibangun di sekitar permukiman mereka.

MEREKA menolak pembangunan TPS 3R yang akan dibangun di kawasan Jalan Lingkar Dalam Selatan itu, lantaran khawatir pemukiman menjadi terkesan kumuh.

Menurut salah satu warga, Syamsudin menjelaskan, bahwa warga setempat tidak pernah diberitahu ataupun sosialisasi tentang pembangunan TPS 3R, yang akan dibangun di depan pintu masuk Komplek Grand Batuah Mahatma. “Kami sebagai warga terkejut, karena tidak ada informasi, itu masalahnya,” tuturnya, Sabtu (30/9/2023).

Mereka menyatakan keberatan jika Pemkot Banjarmasin tetap ngotot membangun TPS 3R yang dirasa minim sosialisasi. “Saat ini kami sudah mengumpulkan tanda tangan semua warga. Untuk diketahui bahwa warga yang ada sekitar 200 jiwa, dan menempati kawasan ini sudah lebih dari 6 tahun,” tegasnya.

BACA: Berdiri Tanpa Permisi, Warga Teluk Kelayan Tolak TPS 3R

Penolakan tidak hanya sekedar tidak ingin, tapi ada alasan lain yang sudah mereka diskusikan tentang perkembangan TPS 3R. Seperti yang diungkapkan Hasbian Azhari, bahwa TPS 3R perlu penanganan ekstra dalam mengelola tumpukan sampah.

“Kami sudah melakukan studi banding mengenai TPS 3R, dan banyak hal kami temukan. Intinya kalau TPS 3R itu terbengkalai akan menjadi tumpukan sampah. Dan itu yang kami khawatirkan,” kata Hasbian Azhari.

Hasbi meminta Pemkot Banjarmasin meninjau kembali rencana pembangunan TPS 3R yang berdekatan dengan pemukiman. Agar kiranya tidak menganggu kenyamanan warga setempat. “Selain itu juga mari kita duduk bersama dulu, agar dibicarakan teknis jalan keluarnya. Sekarang kita gak tau, SOP-nya aja gak pernah diperlihatkan kepada kami. Bagaimana kami mau mempelajari pelaksanaan TPS 3R ini,” cecarnya.

Sebelumnya, warga setempat juga telah melayangkan surat kepada Walikota Banjarmasin dan Ketua DRPD Kota Banjarmasin terkait penolakan pembangunan TPS 3R. Namun, hal tersebut tak digubris hingga warga terpaksa turun ke jalan melakukan aksi penolakan.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2023/09/30/mengaku-tak-ada-sosialisasi-penghuni-grand-batuah-mahatama-tolak-pembangunan-tps-3r/
Penulis Sirajudin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.