Lampaui Ekspektasi, Batola Juara Umum Lomba Peningkatan Imtak Kalsel 2023

0

PENCAPAIAN apik ditorehkan Kabupaten Barito Kuala (Batola), dalam Lomba Peningkatan Iman dan Takwa (Imtak) antar pelajar SMA/SMK 2023, yang digelar Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalimantan Selatan.

BERLANGSUNG di Aula Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Hulu Sungai Selatan (HSS), pada Selasa (26/9/2023), Kabupaten Batola berhasil menjadi juara umum.

Dari lima kategori lomba, Kabupaten Batola berhasil meraih 3 trofi, yakni berhasil menjadi juara utama Tahfiz Qur’an, serta juara Fahmil Qur’an.

Pencapaian juara umum begitu memuaskan, mengingat siswa dan siswi dari SMA Global Islamic Boarding School (GIBS) di Kecamatan Alalak tersebut, tak dibebani target menjadi juara.

BACA: MTQ Nasional XXIX, Kafilah Jawa Timur Borong Juara Kategori Fahmil Quran

“Alhamdulillah sangat di luar ekspektasi, terutama dengan predikat juara umum. Sejujurnya kami tidak menargetkan gelar juara,” papar Rahmad Dwi Purwanto, pendamping kontingen Batola.

“Namun berkat latihan keras yang dilakukan anak-anak di tengah banyak kegiatan sekolah, akhirnya mereka dapat meraih prestasi,” imbuh tenaga pengajar di SMA GIBS ini.

Selain pera juara yakni Sultan, Hamid, Rahayu dan Azkia, Kabupaten Batola juga mengirimkan Almagvira dan Manan yang berlomba di nomor Syarhil Qur’an.

“Tentu kami sangat bersyukur, karena tidak menyangka bisa membawa Batola menjadi juara umum. Kami hanya yakin dan berserah kepada Allah, serta berusaha maksimal,” cerita Azkia.

“Alhamdullilah kami mendapat yang terbaik, karena dalam penyelenggaraan sebelumnya Batola menempati peringkat ketiga,” timpal Hamid, siswa SMA GIBS dari Desa Gampa Asahi, Kecamatan Rantau Badauh.

Kebanggaan juga dirasakan oleh Dinas Kepemudaan Olahraga Budaya dan Pariwisata (Disporbudpar) Kabupaten Batola, karena predikat juara umum Lomba Peningkatan Imtak 2023 merupakan yang pertama didapatkan.

“Alhamdulillah berkat kerja sama yang baik antara Disporbudpar Batola, pembina dan peserta, akhirnya tiga trofi diraih untuk menjadi juara umum,” sahut Arie Deny Wahyudi, Kabid Pemuda dan Olahraga Disporbudpar Batola.

BACA JUGA: Optimis Raih Nilai Tertinggi, Regu Putri Kalsel Tampil Memukau di Final Syarhil Quran 

Sementara itu, Kepala Dispora Kalsel Hermansyah, diwakili Kabid Pemberdayaan Pemuda Rokhyatin Effendi, mengapresiasi pencapaian Batola, termasuk seluruh peserta dari 11 kabupaten/kota lain.

“Melalui penyelenggaraan Lomba Peningkatan Imtak, kami berharap wawasan pemuda atau terkhusus para pelajar terhadap ilmu agama juga meningkat, selain pelajaran umum yang diperoleh di sekolah,” imbuhnya.

“Ternyata dampak yang dihasilkan cukup positif. Pengetahuan siswa sekolah umum tentang keimanan dan ketakwaan, sama bagus dengan siswa lembaga pendidikan formal khusus agama,” pungkasnya.(jejakreram)

Penulis Sirajudin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.