Gelontorkan Anggaran Rp 6,3 Miliar, Pemkab Banjar Perbaiki Trotoar dan 2 Tugu

0

TUGU Selamat Datang dan Tugu Adipura di Jalan A Yani Km 38, Martapura sedang diperbaiki Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar melalui Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPRP).

KABID Cipta Karya Dinas PUPRP Kabupaten Banjar, Iwan Junaidi mengatakan, tidak hanya memperindah tugu melainkan juga memperbaiki trotoar di sepanjang jalan tersebut.

“Pengerjaan semua proyek itu sudah direncanakan jauh-jauh hari dan memerlukan dana dari APBD sekitar Rp 6,3 miliar,” ucapnya belum lama tadi.

BACA : Benahi Jalan Veteran, Dinas PUPRP Kabupaten Banjar Gelontorkan Dana Rp 8 Miliar

Iwan melanjutkan, proyek tersebut baru terlaksana karena pihaknya harus mengkajinya dengan seksama, agar hasilnya sesuai dengan yang diinginkan.

Iwan menyebutkan, karena proyek berada di jalan nasional, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Banjar dan Sat Lantas Polres Banjar untuk mengamankan jalur pengendara.

“Kami sudah berkoordinasi dengan pihak terkait mengenai jalur pengendara, agar tetap lancar tanpa terganggu dengan aktivitas proyek,” sebutnya.

BACA JUGA : NGopi Anang Rosadi Adenansi, Proyek Revitalisasi Kawasan Sekumpul, Mengapa Bermasalah?

Ia mengungkapkan, panjang trotoar baru akan dibangun sekitar 550 meter, dari sekitaran Tugu Selamat Datang atau Tugu Adipura sampai Pos Polisi di Simpang Empat Sekumpul.

“Lebarnya sekitar 2,2 meter dan tinggi dari permukaan aspal kurang lebih 25 centimeter,” ucapnya.

Iwan menambahkan, bahan material untuk lantai trotoar nantinya adalah granit, sehingga lebih kuat dan tidak licin, juga ramah disabilitas dan lansia.

“Kami memperkirakan revitalisasi trotoar dan dua tugu ini rampung pada akhir Desember 2023,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Sheilla Farazela
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.