Sosialisasi Revisi Buku KIA 2023 Bagi Karer Posyandu

0

110 orang perwakilan kader posyandu se-Tabalong, iikuti sosialisasi revisi Buku KIA 2023, Rabu (28/2/2024).

REVISI Buku Kesehatan Anak dan Ibu (KIA) Tahun 2023 ini, diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tabalong, di Gedung Informasi Pembangunan.

Kabid Kesehatan Masyarakat Dinkes Tabalong, Catur Yudha Murtopo menyebut ada beberapa informasi-informasi yang mengalami perubahan untuk penyempurnaan, khususnya bagi para ibu hamil.

“Jadi kader-kader posyandu yang hari ini kita berikan pemahaman, pengetahuan dan keterampilan terkait revisi buku KIA ini,” ungkap Catur Yudha Murtopo.

BACA: Tekan Angka Penyakit Tidak Menular, Pemkab Tabalong Terus Perkuat Germas

Salah satu perubahan dalam isi buku, seperti untuk kegawat daruratan yang sebelumnya jika terdapat tanda-tanda bayi mengalami gejala-gejala berbahaya bisa dapat di bawa ke fasilitas layanan kesehatan umum.

“Sekarang tidak lagi seperti dulu dibawa ke fasilitas kesehatan umum, namun kalau sekarang sudah melihat ada tanda-tanda gejala bahaya pada bayi maka langsung dibawa ke rumah sakit,” jelasnya.

Dengan sosialisasi tersebut, pihaknya pun berharap agar para kader posyandu yang hadir dapat mensosialisasikan kembali ke masyarakat tertutama para ibu.

“Selain informasi-informasi dapat dipahami oleh keluarga tetapi juga pengisian buku KIA sendiri ada item-item diisi oleh kader dan lainnya,” harap Yudha.(jejakrekam)

Penulis hery
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.