Benahi Jalan Veteran, Dinas PUPRP Kabupaten Banjar Gelontorkan Dana Rp 8 Miliar

0

DINAS Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPRP) Kabupaten Banjar akan segera benahi ruas Jalan Veteran, Martapura akses penghubung ke Banjarbaru yang sering tergenang air bahkan berlubang. 

HAL ini diungkapkan Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPRP Kabupaten Banjar Jimmy kepada jejakrekam.com, Senin (3/4/2023). 

“Kami ada melakukan paket pekerjaan, rencananya kami akan lakukan sampai ke Tungkaran, Cindai Alus hingga ke batas Kota Banjarbaru. Untuk Jalan Veteran masuk salah satunya,” beber Jimmy.

Perihal penanganan di Jalan Veteran yang saat ini terjadi genangan air atau bahkan berlubang, Jimmy mengatakan pihaknya akan melakukan peninggian badan jalan. 

BACA : 33 Sekolah Terdampak Banjir, Disdik Kabupaten Banjar Terapkan Pembelajaran Jarak Jauh

“Berdasar kajian pada elevasi dari hasil pengukuran jalan tersebut rendah, sehingga guna mengurangi genangan air di Jalan Veteran itu kita lakukan peninggian badan jalan,” ungkap Jimmy.

Ia mengatakan pihaknya juga berkolaborasi dengan bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas PUPRP Kabupaten Banjar untuk melakukan treatment saluran drainase di sekitar Jalan Veteran. 

Untuk waktu pembenahan, Jimmy menuturkan pekerjaan tersebut masih proses kaji ulang dan akan segera direalisasikan pada Mei atau pasca lebaran Idul Fitri 2023 ini.

“Saat ini masih proses kaji ulang oleh UKPBJ LP2. Semoga lancar, mungkin setelah lebaran atau efektif bulan Mei, kami bisa mendapatkan pemenang tender, sehingga bisa segera bekerja,” ucap Jimmy.

BACA JUGA : Tangkal Banjir Di Kabupaten Banjar, Bendungan Riam Kiwa Berdaya Tampung 127 Juta M3 Kubik Segera Dibangun

Dia menambahkan, dalam hal tersebut akan memakan anggaran sekitar Rp 8 miliar. Menurut Jimmy, selain di Jalan Veteran yang akan dilakukan perbaikan, juga hal serupa juga diterapkan di Jalan Cintai Alus, Desa Tungkaran sampai perbatasan Banjarbaru. 

Sementara itu, salah seorang warga Tanjung Rema Faraz menuturkan saat melintasi Jalan Veteran itu perlu sedikit hati-hati. Terlebih, saat hujan karena air yang memenuhi Jalan berlubang menjadi tak terlihat, sehingga bisa mengakibatkan kecelakaan. 

“Kalau nggak hati-hati bisa aja kecelakaan, apalagi pas musim hujan, air yang berkubang jadi jalanannya nggak kelihatan lagi mana jalan yang bagus mana yang rusak atau berlubang,” tuturnya. 

BACA JUGA : 11 Kecamatan Terdampak Banjir, Bupati Banjar Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana 14 Hari

Faraz juga menyampaikan, jika ada perbaikan dari Pemerintah maka ini adalah hal yang baik dan kalau bisa secepatnya direalisasikan. 

“Semoga segeranya Jalan Veteran ini bisa dibenahi untuk keamanan dan kenyamanan berkendara,” pungkasnya.

Sekadar informasi, bahwa kerusakan jalan veteran terjadi pasca banjir yang menimpa di Kabupaten Banjar, sejak awal tahun 2023 lalu.  Jalan Veteran merupakan akses alternatif utama warga Kota Martapura, jika ingin menuju Kota Banjarbaru dan sebaliknya.(jejakrekam)

Penulis Sheilla Farazela
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.