Dispersip Tabalong Gelar Bimbingan Teknis Pengelolaan Arsip

0

DINAS Perpustakaan dan Kearsipan (Disperip) Kabupaten Tabalong menggelar bimbingan teknis pengelolaan arsip daerah, Kamis (29/2/2024).

BIMBINGAN teknis yang dilaksanakan di Pendopo Bersinar itu, guna meningkatkan sumber daya manusia untuk melindungi arsip dari berbagai ancaman, salah satunya akibat bencana.

“Selain itu meningkatkan pemahaman kesadaran pentingnya arsip dan meningkatkan pengelolaan arsip bagi OPD,” ungkap Kabid Pengelolaan Perlindungan dan Penyelamatan Arsip Dispersip Tabalong, Rahma Norita.

BACA: Gencar Budayakan Gemar Membaca, Dispersip Tabalong Harapkan Peran Sekolah dan Orangtua

Diketahui, sebanyak 80 peserta perwakilan organisasi perangkat daerah, instansi vertikal, perusahaan, organisasi politik hingga ormas mengikuti bimtek.

Sementara itu Direktur Kearsipan Daerah I ANRI, Rudi Anton sekaligus yang akan memberikan pemaparan dalam bimtek tersebut menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan.

Menurutnya Rahma Norita, bimtek ini sangat penting. Sudah diketahui bersama, setiap kegiatan pemerintah yang menggunakan APBD akan tersimpan menjadi arsip.

BACA JUGA: Raih Penghargaan ANRI, Bupati Tabalong Pastikan Terapkan Aplikasi Srikandi hingga Pemdes

“Ini menjadi pembelajaran generasi Tabalong mendatang, supaya tahu tentang kita dan kinerja kita apapun jabatannya,” ujar Rudi.

Diharapkannya, peserta yang mengikuti bimtek dapat mendalami pengetahuan dalam kearsipan sehingga dapat diterapkan di lingkungan kerjanya.

“Tertib arsip di semua OPD harus dilakukan. Kita tidak ingin arsip tentang aset, arsip tentang alat bukti dan arsip memori kolektif Tabalong hilang begitu saja, dan akan menyulitkan generasi Tabalong di masa akan datang,” harapnya.(jejakrekam)

Penulis hery
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.