Dosen Uniska MAB Ajarkan Warga Desa Mandi Kapau Timur Kelola Sampah dengan Teknologi Lingkungan

0

DESA Mandi Kapau Timur, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar menjadi lokasi kegiatan pengabdian kepada masyarakat dari para dosen dan mahasiswa Uniska Muhammad Arsyad Al Banjary (MAB) Banjarmasin.

BERLANGSUNG hampir 6 bulan dari Maret hingga Agustus 2023, kegiatan akademisi dan mahasiswa turun ke lapangan dalam skema program pemberdayaan masyarakat (PPM) disambut hangat warga desa.

Dimotori 5 dosen, Prof Dr Hj Sulastini, Adhi Surya Said, Dr Khuzaini, Fathurrahman dan Tezar Aulia Rachman dari Fakultas Teknik Uniska MAB Banjarmasin, turut pula mahasiswa teknil sipil ikut dalam kegiatan PKM tersebut.

“Ada dua program yang kami jalankan di Desa Mandi Kapau yakni pengelolaan sampah dengan metode 3R (Reduce, Reuse, Recyle) guna mengurangi, menggunakan ulang dan mendaur ulang sampah lewat teknologi lingkungan,” ucap anggota Tim PPM Fakultas Teknik Uniska MAB Banjarmasin, Adhi Surya Said kepada jejakrekam.com, Minggu (17/9/2023).

BACA : Bangun Gedung Rektorat Uniska MAB 4 Lantai di Handil Bakti, Paman Birin Letakkan Batu Pertama

Selain itu, menurut Adhi, juga didirikan bank sampai Desa Mandi Kapau Timur dengan menggandeng kemitraan dengan Bank Sampah Sekumpul.

“Alhamdulilah, kegiatan PKM di Desa Mandi Kapau Timur ini berlangsung lancar, terlebih lagi banyak pihak yang terlibat dalam membantu pengelolaan sampah di desa tersebut,” ucap Adhi Surya.

Kepala Desa Mandi Kapau Timur H Supiani mengaku puas dengan hasil dari kegiatan PKM Uniska MAB di desanya, karena warganya bisa mendapat materi pengelolaan sampah dengan 3R serta terapan teknologi lingkungan. Baik dari akademisi Fakultas Teknik maupun Bank Sampah Sekumpul mengenai manajemen bank sampah.

BACA JUGA : Membedah Kiprah Pejuang Mustafa Ideham dari Kisah Gerilya hingga Mendirikan Uniska MAB

“Banyak hal yang bermanfaat kami dapat dari kegiatan PKM Uniska MAB. Sebab, warga desa yang diwakili dari 4 RT dan Karang Taruna telah mendapat materi dan teknologi terapan yang bermanfaat,” kata Pembakal Desa Mandi Kapau Timur ini.

Adhi Surya melanjutkan dari materi pelatihan di desa tersebut, poster PKM akan didaftarkan HKI (Karya Cipta) dan diterbitkan di jurnal PKM Bumbungan Tingi serta diprosiding Uniska MAB.(jejakrekam)

Penulis Sirajuddin
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.