Penghijauan dan Siram Eco Enzyme di Sungai Kuin, 33 Mahasiswa Arsitektur ULM Ikuti Program Kampus Merdeka di Kuin Utara

0

SELAMA 4 bulan, 33 mahasiswa arsitektur Fakultas Teknik Universitas Lambung Mangkurat (ULM) mengikuti program kampus merdeka membangun desa di Kelurahan Kuin Utara, Kota Banjarmasin.

PARA intelektual kampus ini puntelah melaksanakan identifikasi permasalahan guna mendeteksi awal persoalan yang ada di Kuin Utara. Seperti diketahui, Kuin Utara baru-baru ini mendapat penghargaan Anugerah Desa Wisata dengan Wisata Religi Masjid Tertua di Kalimantan.

Fokus studi dan penanganan kawasan yang diangkat oleh Program Studi Arsitektur untuk mahasiswa kampus merdeka ada tiga. Yakni, soal desa wisata, ekonomi kreatif dan desa tanggap bencana.

Terhitung sejak Jumat (15/9/2023), mahasiswa arsitektur ULM menggelar pengabdian masyarakat di Kuin Utara. Kegiatan ini dilaksanakan atas kerja sama Pemkot Bajarmasin, Kecamatan Banjarmasin Utara, dan Kelurahan Kuin Utara. Kegiatan ini juga didukung oleh berbagai komunitas lingkungan hidup, seperti Eco Enzyme Nusantara Banjarmasin, Putik Bersih dan Borneo Urban Lab.

BACA : Ajak Tim Penilai ADWI 2023, Berziarah ke Makam Sultan Suriansyah Menteri Sandi Kunjungi Kuin Utara

Ketua Himpunan Mahasiswa Arsitektur Fakultas Teknik ULM Muhammad Faiz mengatakan kegiatan kampus merdeka disupport oleh Dinas Kehutanan (Dishut) Provinsi Kalimantan Selatan.

“Dishut Kalsel telah menyumbangkan bibit tanaman untuk dilakukan penanaman di Kuin Utara. Semoga bibit tanaman yang ditanam hari ini bisa tumbuh subur dan bermanfaat untuk masyarakat sekitar,” ucap Muhammad Faiz kepada jejakrekam.com, Jumat (15/9/2023).

Menurut dia, bibit tanaman yang ditanam adalah tanaman-tanaman produktif seperti jeruk, rambutan dan bibit buah lainnyanya.

BACA JUGA : Bangun Taman di Bawah Jembatan HKSN-Patih Masih DLH Banjarmasin Gelontorkan Dana Rp 1 Miliar

Lurah Kuin Utara, Muhammad Nawawi turut pula menanam pohon jeruk. Dia mengucapkan terima kasih atas kiprah mahasiswa telah membantu melaksanakan penghijauan di Kuin Utara.

“Semoga masyarakat mendapat manfaat dan dapat memelihara bibit tanaman yang sudah ditanam mahasiswa dan komunitas lingkungan,” ucap Nawawi.

Menurut dia, kegiatan kampus merdeka mahasiswa Prodi Arsitektur ULM nantinya dapat meninggalkan sebuah produk nyata kepada warga Kuin Utara. Dampaknya dapat dirasakan langsung manfaatnya bagi masyarakat.

BACA JUGA : Baru Bisa Penuhi 4% RTH di Banjarmasin, Berbiaya Miliaran DLH Jor-Joran Bangun Taman

Kegiatan kampus merdeka dengan menanam bibit pohon buah produktif diawali di Masjid Sultan Suriansyah. Para mahasiswa pun dipecah dalam 5 kelompok berbagi tugas. Mereka melaksanakan penghijauan dan kebersihan lingkungan yaitu bersih-bersih di lingkungan Masjid Sultasn Suriansyah, makam Sultan Suriansyah dan Kantor Kelurahan Kuin Utara.

Sementara penghijauan dilaksanakan di sekitar permukiman warga di RT 8 dan RT 20 Kelurahan Kuin Utara. Sebelum berangkat, peserta pengabdian juga secara simbolis menyiram eco enzyme ke Sungai Kuin di depan Masjid Sultan Suriansyah.(jejakrekam)

Penulis Sirajuddin
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.