Ditarget Rampung Medio 2024, Butuh Dana Rp 15 Miliar Bangun Rumdin Walikota Banjarmasin

0

PROYEK tahap pertama pekerjaan konstruksi pondasi rumah dinas jabatan (rumdin) jabatan Walikota Banjarmasin di Jalan Jenderal Sudirman, Antasan Besar hampir selesai digarap kontraktor pelaksana.

PROYEK berpagu anggaran Rp 4,7 miliar lebih milik Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Banjarmasin dilelang pada 31 Maret 2023 digarap CV Citra Malda Dita dengan nilai kontrak Rp 4,5 miliar lebih.

Pekerjaan tahap pertama ini mencakup pekerjaan pendahuluan, tanah/pasir dan pancangan (pondasi) hingga beton bertulang. Proyek ini pun diawasi konsultan pengawas PT Sekta Gubah Sarana dengan nilai kontrak Rp 390 juta.

“Untuk pekerjaan tahap pertama berupa konstruksi bawah bangunan rumdin Walikota Banjarmasin sudah hampir rampung. Tahap pertama kami alokasikan anggaran Rp 5 miliar, sedangkan untuk proses pengerjaannya sudah 70 persen,” ucap Kepala Dinas PUPR Kota Banjarmasin, Suri Sudarmadiyah kepada jejakrekam.com, Jumat (8/9/2023).

BACA : Disuntik Dana Rp 4,6 Miliar, Tahap I Rumdin Walikota Banjarmasin Ditarget Rampung Desember 2023

Dia memastikan tahap kedua pengerjaan Rumdin Walikota Banjarmasin dengan alokasi dana Rp 10 miliar dianggarkan di APBD murni tahun 2024.

“Kami akan melaksanakan lelang dini terlebih dulu, jika nanti disetujui. Ini demi mengejar agar start pengerjaan rumdin walikota bisa di akhir tahun 2024,” tutur Yayah, sapaan akrab pejabat perempuan Balai Kota Banjarmasin.

Menurut dia, ditargetkan pada pertengahan atau medio tahun 2024, Rumdin Walikota Banjarmasin ini bisa selesai dikerjakan. Ini berarti total anggaran dibutuhkan membangun rumdin Walikota Banjarmasin mencapai Rp 15 miliar, digarap dalam skema tahun jamak (multiyear) tahun 2023-2024.

BACA JUGA : Berbiaya Rp 5,3 Miliar, Rumdin Walikota Banjarmasin Bergaya Aristektur Banjar Segera Dibangun

Sementara untuk dokumen rancang bangun rinci (DED) Rumdin Walikota Banjarmasin berarsitektur modern Rumah Banjar tipe Balai Laki telah dikerjakan konsultan perencana; CV Dhrama Cipta Pratama dengan nilai kontrak Rp 251 juta lebih pada 2022 lalu.

Lahan rumdin ini berdekatan dengan kawasan Tugu Nol Pal milik Pemprov Kalsel di Gubernuran, Jalan Jenderal Sudirman dibeli dari seorang pengusaha ternama bernilai Rp 30 miliar lebih.

Nantinya, di rumdin Walikota Banjarmasin dilengkapi fasilitas seperti pendopo, ruang rapat mini dan fasilitas pendukung, termasuk dermaga menghadap ke Sungai Martapura dibangun oleh Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin.(jejakrekam)

Penulis Ferry Oktavian
Editor Siti Nurdianti

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.