DED Sedang Dalam Proses, Pemkot Banjarmasin Akan Bangun 5 Gedung Baru

0

PEMBENAHAN kawasan perkantoran Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarmasin akan mantap dilakukan pada Tahun 2024 mendatang.

KEPALA Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Banjarmasin Suri Sudarmadiyah menerangkan, berdasarkan survei studi kelayakan yang dilakukan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) Banjarmasin pada 2022 lalu, rencananya akan dibangun 5 gedung perkantoran. “Nanti ada gedung A, B, C, D dan juga gedung parkir yang akan dibangun,” ucapnya, Rabu (6/9/2023).

Namun, berdasarkan hasil survey kelayakan upaya pembangunan gedung baru harus ada penambahan lahan, agar seluruh rencana pembangunan gedung ini dapat dilakukan. “Jadi mungkin akan kami detail desainkan kembali, dengan mendahulukan pembangunan di gedung blok A terlebih dahulu,” jelasnya.

Dirinya juga menjelaskan bahwa rencana pembangunan ini sudah masuk dalam usulan pembangunan di Tahun 2024 mendatang. “Untuk DED pun sudah dirancang, anggarannya sendiri di bawah Rp 1 miliar,” tuturnya.

BACA: Sudah Kumuh, Walikota Ibnu Sina Ingin Bangun Gedung Baru di Balai Kota Banjarmasin

“Yang pasti untuk desain sementara satu gedung terutama di gedung A ini, itu ada 8 lantai dan mungkin beda-beda setiap gedungnya,” tambahnya.

Suri juga memaparkan, pembangunan ini dilakukan jika melihat kebutuhan adalah untuk mengakomodir SKPD yang berdekatan dengan Sekretariat Daerah. “Misalnya untuk Sekretariat Daerah itu sendiri serta perangkat daerah di bawahnya, yang pasti mereka yang berada dalam Tim Pengendali Inflasi Daerah,” ucapnya.

Kemudian, untuk SKPD teknis yang memiliki sumber daya lebih banyak, Suri menyebutkan bahwa kemungkinan mereka akan menempati kantor-kantor yang masih layak.

Sebelumnya rencana pembenahan total area perkantoran Pemkot Banjarmasin ini diungkapkan oleh Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina. Dimana dirinya berkeinginan melakukan pembenahan ini karna melihat kondisi Balaikota sekarang ini lumayan terbilang kumuh.(jejakrekam)

Penulis Fery
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.