Hanya Sampaikan Masalah Baliho, Masa Tanggapan Terhadap Bacaleg Kota Banjarbaru Ditutup

0

DAFTAR Calon Sementara (DCS) Calon Legislatif Banjarbaru Tahun 2024 telah diumumkan Komisi Pemilihan Umum  (KPU) Kota Banjarbaru pada Sabtu (19/8/2023) lalu.

SETELAH diumumkan sesuai jadwal KPU, DCS Bacaleg Banjarbaru yang berjumlah 356 calon terdaftar dari 17 partai yang mendaftarkan bacaleg nya ke KPU Banjarbaru, terdapat 351 calon memenuhi syarat, dan 5 tidak memenuhi syarat.

Ketua KPU Kota Banjarbaru Rozy Maulana menuturkan setelah selesai diumumkan, saatnya masuk ke tahapan tanggapan dan masukan masyarakat terhadap para DCS tersebut.

BACA : KPU Provinsi Kalsel Dan KPU Kota Banjarmasin Hanya Terima 2 Pengaduan Terkait DCS

“Pada Selasa (29/8/2023) pukul 23.59 WITA masukkan tersebut ditutup dan hasilnya nihil alias tidak ada tanggapan,” ungkap Rozy kepada jejakrekam.com, Rabu (30/8/2023).

Rozy memaparkan, KPU Banjarbaru yang nihil tanggapan dan masukan masyarakat untuk DCS tersebut, sebenarnya ada masukan masyarakat yang dimasukkan dalam tahapan ini.

“Tapi masukkan tersebut berbeda konteksnya. Masyarakat menanggapi baliho-baliho bacaleg yang dipasang di daerah Banjarbaru Utara dan Banjarbaru Selatan di Dapil 1. Kalau permasalahan baliho-baliho itu bukan pada masanya,” jelasnya.

BACA JUGA : Usai Paman Birin 2 Periode, Pengamat Politik Uniska : Tanpa Petahana, Suksesi Kalsel 1 Jadi Pasar Bebas!

Rozy memaparkan, yang dimaksud pihaknya itu untuk menanggapi dari calon-calon yang masuk sebagai DCS terasebut. Apakah calon-calon tersebut masih PNS, atau apakah calon-calon tersebut yang masih mendapatkan gaji atau uang kehormatan dari anggaran pemerintah. Ataupun ada dari DCS itu calon-calon yang mungkin diketahui ijasahnya palsu atau sebagainya.

“Intinya ke arah personal bacaleg itu sendiri. Karena makanya, personal bacaleg diumumkan masing-masing nama itu yang dicermati oleh masyarakat. Apakah bacaleg itu bermasalah. Karena tidak ada tanggapan dan masukan masyarakat sesuai konteks yang diinginkan, maka itu anggap nihil atau tidak ada. Intinya Banjarbaru aman,” jelasnya.

BACA LAGI : Jaring 20 Nama, Zairullah-Muhidin-Anang Syakhfiani Teratas pada Suksesi Kandidat Gubernur Kalsel 2024

Diketahui, sesuai dengan tahapan pemilu, pengumuman dilakukan dari tanggal 19 sampai dengan 23 Agustus 2023.

Selanjutnya dari tanggal 19 sampai dengan 28 Agustus 2023, masyarakat bisa memberikan masukan atau tanggapan, terhadap DCS tersebut.

Kemudian, dari 29 Agustus sampai 31 Agustus memasuki permintaan klarifikasi kepada partai politik atas masukan dan tanggapan masyarakat terhadap DCS.(jejakrekam)

Penulis Sheilla Farazela
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.