Raperda APBD Perubahan 2023 Kabupaten Balangan Disahkan

0

RANCANGAN peraturan daerah (raperda) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) perubahan kabupaten Balangan TA 2023 disahkan menjadi peraturan daerah (perda), Selasa (28/8/2023).

RAPAT paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Balangan Ahsani Fauzan didampingi para wakil ketua dan anggota  juga dihadiri Bupati H Abdul Hadi, unsur Forkopimda serta sejumlah Kepala SKPD di lingkup Pemkab setempat.

Pengesahan tersebut di tuangkan dalam penanda tangan surat keputusan bersama, antara Kepala daerah Bupati Balangan, Ketua DPRD Balangan di hadapan anggota dan undangan yang menghadiri rapat paripurna.

BACA : Sambut Mahasiswa KKN STIQ Amuntai, Ini Harapan Bupati Balangan

Bupati Balangan Abdul Hadi, mengatakan perubahan APBD pada tahun ini dianggap sebagai respons yang tepat terhadap dinamika situasi yang selalu berubah dan perubahan ini dirancang untuk mempercepat pencapaian target-target yang telah ditetapkan sebelumnya.

Abdul Hadi melanjutkan perlu disadari bahwa walaupun terdapat tambahan dana dalam perubahan APBD, tidak seluruh kebutuhan daerah dan aspirasi masyarakat dapat terpenuhi.

Salah satu aspek yang ditekankan Abdul Hadi yaitu rendahnya serapan anggaran yang telah terjadi hingga seperempat kuartal ketiga, hal itu menimbulkan dampak negatif dimana tambahan anggaran yang diakomodasi dalam perubahan APBD tidak dapat dimaksimalkan.

BACA JUGA :  Lepas Kafilah MTQ, Bupati Balangan Minta Tunjukkan Prestasi  

“Akibat dari itu pemerintah pusat terpaksa menahan sebagian alokasi anggaran yang seharusnya diperuntukkan bagi daerah,” ucap bupati.

Sedangkan ketua DPRD Balangan Ahsani Fauzan mengatakan, pihaknya selalu mendukung langkah positif yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Balangan, terutama dalam hal pembangunan Kabupaten Balangan.

Fauzan menambahkan, persetujuan atas usulan Pemerintah Kabupaten Balangan, dalam hal ini tentunya sudah sesuai prosedur dan aturan yang berlaku.

“Namun sesuai fungsi dan tugas, kami juga terus memberikan pengawasan dan masukan agar setiap program kerja Pemkab Balangan berjalan sesuai aturan,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.