Harumkan Nama Banua di Kancah Internasional, Hj Raudhah asal Martapura Juara II MTQ Antarbangsa Malaysia 2023

0

DARI generasi ke generasi, Kalimantan Selatan merupakan salah satu lumbung qari-qariah berprestasi di Indonesia. Usai Muhammad Rizqon menyematkan diri sebagai Qari Internasional, kini giliran Hj Raudhah Supian Noor.

QARIAH internasional asal Provinsi Kalimantan Selatan ini membawa harum nama Indonesia yang berulang tahun ke-78 ini dalam ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Internasional Malaysia di Kuala Lumpur, pada 19-24 Agustus 2023.  

Hj Raudhah Supian Noor merupakan putri Kalsel asal Martapura yang lahir pada 15 November 1986 dan tinggal di Desa Melayu Ilir, Kecamatan Martapura Timur, Kabupaten Banjar.

Qariah asal Martapura bersuara merdu melengking ini meraih juara II pada ajang MTQ Internasional Malaysia 2023, diutus Kementerian Agama Republik Indonesia karena pada MTQ Nasional XXIX Tahun 2022 di Kiram Park, Kabupaten Banjar pada pertengahan September 2022 lalu.

 Hj Raudhah juga pernah mengukir prestasi berskala nasional seperti Juara I Tingkat Anak-Anak MTQ Nasional Tahun 2001 di Jakarta, Juara I Tingkat Remaja MTQ Nasional Tahun 2003 di Palangka Raya, Kalimantan Tengah hingga menyabet titel Juara I MTQ Internasional Tahun 2005 di Brunei Darussalam.

BACA : Apakah Gelar Lumbung Qori Nasional Masih Layak?

“Dengan segudang prestasi yang diraih Hj Raudhah Supian Noor baik dari tingkat nasional maupun internasional, wajar jika diutus Kemenag RI untuk mewakili Indonesia di ajang MTQ Antarbangsa di Malaysia,” tutur Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Kalsel H Muhammad Tambrin kepada jejakrekam.com, Sabtu (26/8/2023).

Menurut Tambrin, berkat perjuangan dan ikhtiar optimal, dan karunia Allah SWT sehingga Hj Raudhah bisa membawa harum bagi Banua, umumnya lagi bangsa Indonesia di ajang internasional di Malaysia.

“Kami ucapkan selamat dan sukses. Kami juga merasa bersykur sekaligus bangga atas pencapaian prestasi yang diraih ananda Hj Raudhah Supian Noor yang meraih juara II MTQ Internasional Malaysia tahun 2023 ini,” kata mantan Sekretaris Itjen Kemenag RI ini.

BACA JUGA : Wakili Kalsel, Rizqon-Hj Raudhah Dinobatkan Jadi Qori-Qoriah Terbaik I MTQ Nasional XXIX 2022

Bagi Tambrin, dengan prestasi ini makin membuktikan jika pemerintah daerah bersama Kemenag mempertahankan gelar lumbung qari-qariah terbaik di Indonesia bisa terus dipertahankan.

“Hal ini juga sejalan dengan program Gubernur Kalsel Paman Birin (Sahbirin Noor) yang memberikan atensi penuh dalam pembinaan generasi pencinta Alquran di Banua,” kata Tambrin.

Menurut dia, sosok Hj Raudhah Supian Noor bisa menjadi contoh teladan bagi generasi muda Banua untuk terus mengasah kemampuan dan prestasi agar bisa mengharumkan nama daerah dan bangsa di kancah internasional.

BACA JUGA : Disalami Presiden Erdogan, Rizqon Juara III MTQ Internasional 2017 di Turki

Sebelumnya, Dirjen Bimas Islam Kemenag, Kamaruddin Amin menyambut kedatangan dua qari-qariah juara MTQ Internasional Malaysia. Yakni, Hj Raudhah Supian Noor asal Kalsel dan Dzaniyal Muhammad Chubaibillah dari Jawa Timur yang telah telah mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional pada Jumat (25/8/2023) di Jakarta.

Dalam ajang baca indah kitab suci Alquran itu, Hj Raudhah Supian Noor menyabet juara II. Sementara, Dzaniyal Muhammad Chubaibillah asal Jawa Timur meraih peringkat ke-5 cabang Tilawah Alquran di Kuala Lumpur, Malaysia. (jejakrekam)

Pencarian populer:Mtq internasional 2023 malaysia
Penulis Asyikin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.