3 Jam Sekali, Personel Satlantas Polres HSU Pantau Kondisi Jalan Longsor Amuntai-Kelua

0

PERSONEL Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Hulu Sungai Utara (HSU) melaksanakan pemantauan per tiga jam sekali di ruas jalan longsor penghubung Amuntai-Kelua di Desa Sungai Turak, Kecamatan Amuntai Utara.

KEPALA Satlantas Polres HSU AKP Tugiyana mengatakan pihaknya menerjunkan personel polisi lalu lintas (polantas) guna melakukan pemantauan di jalan Amuntai-Kelua yang mengalami longsor. 

“Kami juga menyampaikan sosialisasi kepada pengendara yang melintas di jalan tersebut agar lebih berhati-hati,” kata AKP Tugiyana kepada jejakrekam.com, saat ikut turun langsung memantau kondisi lapangan  jalan longsor, Kamis (24/8/2023).

Menurut Tugiyana, karena status jalan yang longsor merupakan jalan nasional, maka tanggung jawab penuh berada di tangan Kementerian PUPR melalui Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Kalsel.

BACA : Tergerus Arus Sungai Tabalong, Jalan Kelua Penghubung Tabalong-HSU Longsor

Akses jalan yang longsor ini sementara ini dipasang garis polisi serta barrier dan plang pengumuman bagi pengguna jalan dari arah Amuntai, ibukota Kabupaten HSU menuju ke daerah tetangga, Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalsel. Akses jalan itu juga menghubungkan ke provinsi tetangga; Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur.  

Agar tak dilintasi pengguna jalan, turut pula dipasang beberapa bahan material, karena lokasi longsor itu berada di bahu jalan berdekatan dengan Sungai Tabalong.

“Per tiga jam sekali kami patroli ke jalan longsor tersebut, untuk mengecek dan membantu mengatur arus lalu lintas di jalan nasional tersebut, ” kata Tugiyana.

BACA JUGA : Sungai Tabalong Meluap, Banjir Rendam Rumah Warga dan Jalan Raya di Kelua

Dia mengingatkan dengan kondisi jalan yang longsor tersebut sangat berbahaya di lintas mobil bermuatan berat. Terutama, saat malam hari sehingga patut disosialisasi kepada para pengendara yang melintas agar ekstra hati-hati melintas.

“Kemarin, kami bersama BPJN Kalsel dan pihak kontraktor  ikut meninjau jalan tersebut. Untuk sementara, jalan yang longsor  ditanggulangi dan akan dievaluasi guna diperbaiki secara permanen,” katanya.(jejakrekam)

Penulis Muhammad
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.