Sungai Tabalong Meluap, Banjir Rendam Rumah Warga dan Jalan Raya di Kelua

0

LUAPAN air Sungai Tabalong kini menyerbu kawasan pemukiman dan fasilitas di Kecamatan Kelua. Usai sebelumnya melanda tiga desa di Kecamatan Haruai dan Upau, Kabupaten Tabalong.

BANJIR akibat tingginya curah hujan dan meluapnya Sungai Tabalong ini mulai merendam sejumlah rumah mili warga hingga ruas jalan provinsi sejak Sabtu (28/5/2022) pagi.

Sekretaris Camat Kelua, Wirahadikusuma mengatakan, banjir kali ini memang tidak setinggi banjir pada awal tahun lalu yang sempat memutus ruas jalan. Volume ketinggian air banjir kali ini hanya merendam sejumlah ruas jalan, namun masih bisa dilewati.

“Ruas jalan masih aman untuk dilewati. Namun bagi pengendara tetap diminta untuk hati-hati, karena walau tidak tinggi tapi arusnya cukup deras,” ujar Sekretaris Camat Kelua Wirahadikusuma kepada awak media, Sabtu (28/5/2022).

BACA : Banjir Tabalong Menelan Korban Jiwa, Bocah 5 tahun Tenggelam di Depan Rumah

Wira menambahkan adanya peningkatan jalan disepanjang jalan provinsi di Kecamatan Kelua ini juga menjadi salah faktor tidak tingginya luapan air sungai ke ruas jalan.

Sebab, di beberapa ruas jalan yang sebelumnya juga terendam banjir kali ini tidak terendam. Ditanya berapa lama banjir ini akan berlangsung, Wira memprediksi kalau di daerah atas tidak hujan lagi, kemungkinan kondisi seperti ini akan berlangsung selama dua sampai tiga hari.

“Namun kalau daerah atas Tabalong dan daerah Kalteng dinformasikan intensitas hujan masih tinggi, kemungkinan banjir akan berlangsung lebih lama,” ujar Wira.

BACA JUGA : Hadapi Bencana Banjir, Polres Tabalong Gelar Latpraops Bina Karuna Intan

Ia juga mengimbau kepada seluruh warga, yang berada dibantaran sungai dan menggunakan mesin pompa air disungai untuk tetap menjaga ketinggian air.

“Apabila terlihat air sungai meninggi, segera amankan mesin pompa. Hal ini untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan,” ucapnya.

Wira meminta agar warga Kelua harus menjaga anak-anaknya yang bermain di area banjir. Jangan sampai anaknya lepas dari pengawasan. “Jangan dibiarkan anak-anak bermain diarea banjir, terlebih banjir yang arusnya deras,” imbaunya.

BACA JUGA : Genjot Angka Wisatawan, 9 Destinasi Wisata di Tabalong Serentak Suguhkan Hiburan Rakyat

Diketahui, air merendam pemukiman warga hingga ruas jalan dari Desa Sungai Buluh RT 6, Desa Paliat RT 3 dan 4, Kelurahan Pulau RT 1 dan 2, Desa Pudak Setegal RT 1 dan Desa Telaga Itar RT 2 dan 3 di Kecamatan Kelua.

Sebelumnya, banjir sempat merendam Desa Nawin, Halong dan Wirang di Kecamatan Haruai dan Desa Kinarum RT 1 di Pangelak RT 3 serta Desa Kaong di RT 3, 4 dan 5, Kecamatan Haruai, Tabalong. Termasuk, tpemukiman di perkotaan, Komplek CPI, Komplek Swadarma, Komplek Maluyung di Kecamatan Tanjung.(jejakrekam)

Penulis Herry Yusminda
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.