Sambangi SPNF SKB, Polres Banjar Berikan Penyuluhan Tentang Bahaya Narkoba

0

POLRES Banjar memberikan penyuluhan pencegahan narkotika, psikotoprika, zat adiktif (Napza) dan miras serta tertib berlalu lintas di Sekolah Pendidikan Non Formal (SPNF) SKB Kabupaten Banjar, Selasa (22/8/2023).

KEPALA SPNF SKB Kabupaten Banjar, Sri Indah Rokmawati menyampaikan terimakasih kepada jajaran Polres Banjar atas ilmu yang disampaikan kepada para peserta didik. Yang mana dalam sosialisasi atau penyuluhan tersebut dapat memberikan informasi kepada anak-anak untuk tahu dan memilah tentang barang-barang yang tidak boleh di gunakan sesuai peraturan dan hukum.

“Dengan mendapat informasi tersebut kita dapat merubah perilaku sikap maupun karakter pada diri anak tersebut. Sehingga kepribadian mereka terbentengi dan tidak terpengaruh oleh ajakan seseorang,” ucap Sri kepada jejakrekam.com usai penyuluhan.

BACA : Tumbuhkan Rasa Patriotisme, SPNF SKB Kabupaten Banjar Gelar Berbagai Lomba

Adapun turut berhadir peserta didik dari Paud Er Rahman, Ponpes Sulamus Saniyah, Tanwirul Furqon dan SKB Kabupaten Banjar. Dan pemateri Iptu Junaidi dari KBO Sat Resnarkoba Polres Banjar dan Aiptu Taufik Danar dari Kanit Kamsel Sat Lantas Polres Banjar.

Dalam pemaparannya, Iptu Junaidi menyampaikan narkoba dapat menyebabkan efek serta dampak negatif bagi pemakainya dan dampaknya sangat besar bagi kesehatan fisik, mental, dan emosional.

“Salah satu penyebab meningkatnya penyalahgunaan narkoba di lingkungan pelajar antara lain kurangnya komunikasi, informasi dan edukasi tentang bahaya penyalahgunaan narkoba, psikotropika dan zat adiktif lainnya,” ucap Iptu Junaidi.

BACA JUGA :  Implementasikan Profil Pelajar Pancasila, SPNF SKB Banjar Gelar Semarak Panen Hasil Belajar

Untuk itu, antisipasi dan langkah sebelum terkena narkoba Iptu Junaidi menyampaikan untuk dapat bentengi diri sendiri dengan keimanan, berani menolak dan katakan tidak pada ajakan teman untuk mengkonsumsi narkoba.

“Kemudian isi kegiatan pelajaran positif, hindari pergaulan bebas, jangan keluar malam kalau tidak ada kepentingan, dan isilah waktu dengan beribadah atau kegiatan lain yang bermanfaat. Katakan Tidak pada Narkoba,” pungkasnya.

Sementara itu, Kanit Kamsel Sat Lantas Polres Banjar Aiptu Taufik Danar menghimbau kepada para pelajar untuk mematuhi aturan berlalu lintas. Karena ujarnya angka kematian pada kecelakaan berlalulintas sangatlah tinggi.

“Untuk mengurangi angka kecelakaan berlalu lintas kita  mesti memenuhi kelengkapan tertib berlalu lintas seperti memakai helm, dan pengamanan lainnya kemudian mematuhi rambu-rambu lalu lintas, dan melengkapi surat menyurat,” ucap Aiptu Taufik Danar.

BACA LAGI :  Bak ‘Rumah Hantu’, Gedung SPNF SKB Gunung Kupang Disdik Banjarbaru Lama Tak Dipakai Lagi

Aiptu Taufik Danar menyebut beberapa faktor kecelakaan berlalu lintas itu ada dari faktor manusia, faktor kendaraan, dan faktor alam.

“Faktor seperti berkendara dalam kondisi tidak sehat. Kemudian kurang konsentrasi karena ngantuk, main hp di jalan, dalam keadaan mabuk maupun melawan arus. Selanjutnya ada knalpot brong, ban kecil, spion tidak sesuai standar. Tak lupa faktor cuaca hujan deras yang mengakibatkan jalanan licin. Itu semua faktor penyebab kecelakaan berlalu lintas,” pungkasnya.

Sekadar diketahui, SPNF SKB Kabupaten Banjar menghelat penyuluhan tersebut selama dua hari. Pada 19 Agustus 2023 dilaksanakan di Ponpes Syafaat Bukhari Muslim yang dihadiri dari Miftahusibiyan, Darul Inqilabi, Syafaat Bukhari Muslim.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2023/08/22/sambangi-spnf-skb-polres-banjar-berikan-penyuluhan-tentang-bahaya-narkoba/
Penulis Sheilla Farazela
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.