Musrenbang Kecamatan Murung Pudak, Usulkan Embung Untuk Atasi Banjir

0

MUSYAWARAH Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD 2025, Kecamatan Murung Pudak digelar, dengan usulan prioritas membangun embung, Selasa (30/1/2024).

USULAN pembangunan embung tersebut, ditujukan untuk pengentasan banjir, dengan menampung kelebihan air sungai saar terjadi hujan, yang akan mengancam sejumlah permukiman warga.

Camat Murung Pudak, Abdul Wahid mengatakan, ada dua titik lokasi pembangunan embung yakni embung I berada di Kelurahan Mabu’un, dan embung II ada di Jalan Nan Sarunai.

Pembangunan dua embung ini disertai dengan normalisasi aliran sungai, sehingga permasalahan banjir di Murung Pudak dapat teratasi. “Air kita tampung sementara di dua embung tersebut, selanjutnya secara perlahan dialirkan ke Sungai Mangkusip dan diteruskan ke Sungai Tabalong,” jelas Wahid.

BACA: Musrenbang Kecamatan Kelua, Usulkan Optimalisasi Pertanian Rawa Lebak Ampukung

Sementara itu, Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani mengatakan, saat kunjungannya ke Kecamatan Tanta memang ada terdampak banjir. “Kemarin saya kunjungan ke Kecamatan Tanta di Mangkusip memang terdampak,” katanya.

Bupati Anang berharap, rencana pembangunan embung di Jalan Nan Sarunai dapat terwujud dan dilakukan pada 2025 mendatang. “Mudah-mudahan kemampuan fiskal mengalami peningkatan sehingga di perubahan APBD 2024 ini kita bisa membebaskan lahan dulu minimal 5 hektare,” harapnya.(jejakrekam)

Penulis hery
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.