Resmikan Diluncurkan, Wakili Kalsel ULM Siap Jadi Tuan Rumah Geber POMNAS XVIII pada 12-22 November 2023

0

GRAND launching Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) XVIII Kalimantan Selatan resmi diluncurkan ditandai dengan penekanan tombol di Gedung Audiotorium Universitas Lambung Mangkurat (ULM), Banjarbaru.

GUBERNUR Kalsel Sahbirin Noor alias Paman Birin ikut menekan tombol peluncuran bersama Rektor ULM Prof Ahmad Alim Bachri, Rektor Universitas Mulawarman (Unmul) Prof Abdunur, Ketua Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI), Asep Sukmayad dan lainnya pada Kamis (10/8/2023).

Tampak hadir pula, Kepala LLDIKTI Wilayah XI Kalimantan Dr. Muhammad Akbar, para dekan, mantan Menteri Riset dan Teknologi Gusti Muhammad Hatta, Ketua BAPOMI Seluruh Indonesia serta mahasiswa-mahasiswi universitas negeri dan swasta di Kalsel.

Acara grand launching merupakan rangkaian POMNAS XVIII 2023. Sebab, ULM yang mewakili Kalsel dipercaya untuk menjadi tuan rumah untuk kali kedua setelah sebelumnya menjadi tuan rumah pada 2007.

Ketua Pelaksana POMNAS XVIII Kalsel Dr M.Rusmin Nuryandin menjelaskan rencana pelaksanaan pertandingan 16 cabang olahraga (cabor).

BACA : Temui Menpora Dito, Rektor Prof Ahmad Laporkan Kesiapan ULM Jadi Tuan Rumah Pomnas XVIII 2023

Rangkaian kompetisi ini akan berlangsung di 4lokasi yaitu di Kota Banjarmasin, cabor yang akan dipertandingkan meliputi atletik, Bridge, catur, futsal, gulat, pencak silat, sepak takraw, tenis lapangan, dan voli pasir.

Di Kota Banjarbaru untuk cabor bulu tangkis, karate, dan taekwondo. Kemudian, Kabupaten Tanah Laut untuk cabor panjat tebing, dan cabor renang akan berlangsung di Hulu Sungai Selatan.

“Nomor-nomor cabor tersebut terdiri dari 204 nomor yang akan memperebutkan medali sebanyak 710 medali, dengan keping medali sebanyak 1.397,” ungkap Rusmin.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni ULM mengungkapkan  Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia (BAPOMI) di 34 provinsi di Indonesia telah menetapkan alokasi kuota sebanyak 362 orang untuk atlet dan ofisial.

BACA JUGA : Ada 16 Cabor Dipertandingkan, ULM Bersiap Jadi Tuan Rumah Pomnas XVIII Tahun 2023

“Partisipasi yang akan hadir di Kalsel pada saat perhelatan tersebut diperkirakan mencapai angka 12.308 orang. Hal ini tersebut diharapkan dapat meningkatkan perekonomian di Kalsel,” papar dosen Fakultas Ekonomi Bisnis ULM ini.

Masih menurut dia, dari total 34 Provinsi, sebanyak 24 Provinsi telah secara resmi mengonfirmasi partisipasinya dalam 16 cabor. Dengan demikian, dapat dipastikan bahwa minimal 10 ribu orang akan hadir di Kalsel.

Paman Birin dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan dukungan penuh kepada BAPOMI Provinsi Kalsel, Civitas Akademika ULM, Panitia Penyelenggara yang terus bekerja keras mempersiapkan perhelatan akbar olahraga terbesar bagi mahasiswa tersebut .

BACA JUGA : Gastin Gabriel Jangkang; Mahasiswa Fakultas Kedokteran ULM Tembus Jadi Finalis Pilmapres 2023

“POMNAS merupakan bagian tak terpisahkan dari semangat anak bangsa se-nusantara. Lebih khusus lagi, semangat ini tercermin dalam para pemuda-pemudi yang dikenal sebagai mahasiswa dan mahasiswi. Bayangkan saja, jika para peserta berasal dari 34 provinsi yang tersebar di seluruh Indonesia, semuanya berkumpul di Bumi Lambung Mangkurat, pastinya akan menciptakan sebuah momen yang sungguh luar biasa.” kata Paman Birin.

Dia mengaku bangga karena Provinsi Kalsel telah menjadi tuan rumah berbagai event nasional sebelumnya, dan kini sekali lagi dipercaya untuk menjadi tuan rumah POMNAS XVIII Tahun 2023.

BACA JUGA : Paman Birin Tegaskan Kalsel Siap Tuan Rumah Pra PON 2023

“Saya saat ditanya mengenai kesiapan Kalsel sebagai tuan rumah POMNAS. dengan penuh keyakinan, saya menyatakan bahwa kita siap, karena pahlawan-pahlawan kita mengajarkan demikian “Dalas Betapung Tali Selawar, Dalas Belangsar Dada, Manyerah kada”, Inilah semangat Pangeran Antasari yang terpancar pada generasi muda putra-putri Indonesia di Kalimantan Selatan,” tegas Paman Birin.

Tema POMNAS XVIII di Kalsel adalah Merdeka Berprestasi, Talenta Olahraga Menginspirasi dihelat pada 12-22 November 2023 mendatang.(jejakrekam)

Penulis Sirajuddin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.