Rokan Hilir Sukses dengan Sektor Pertanian, Pospera Sarankan Pemkab HSU Bisa Studi Tiru

0

KEBERHASILAN Desa Rokan Baru Pesisir, Kecamatan Pekaitan di Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau dinilai patut dicontoh bagi pemerintah daerah, khususnya Pemkab Hulu Sungai Utara (HSU).

“SEBAGAI daerah penyangga pangan bagi Ibukota Negara (IKN) Nusantara di Provinsi Kalimantan Timur, tentunya Kalsel terkhusus Kabupaten HSU harus Bersiap diri untuk bisa menjadi penyandang ketahanan dan kemandirian pangan,” ucap Ketua Pos Komando Rakyat (Pospera) Kabupaten HSU, Rosihan Anwar kepada jejakrekam.com, Rabu (8/8/2023).

Menurut Rosihan, dengan kontur Kabupaten HSU yang didominasi 80 persen rawa atau berpaya-paya dan sebagian besar lahan menganggur alias tak produktif, bisa meniru cara oleh Pemkab Rokan Hilir menyulap Desa Rokan Baru Pesisir menjadi daerah pertanian produktif.

“Potensi lahan rawa yang ada di Kabupaten HSU tentu bisa dimaksimalkan dengan pendekatan teknologi pertanian tepat guna sehingga menjadi lahan produktif, khususnya pertanian,” kata aktivis senior.

BACA : Petakan Kawasan Rawan Bencana, Kapolres HSU Siap Bantu Pemda

Berdasar informasi yang didapat Rosihan, hal itu telah dibuktikan Desa Rokan Baru Pesisir di Rokan Hilir, Riau telah berhasil menjelma daerah penghasil padi hingga mencapai Rp 8 miliar nilainya sekali panen.

“Inilah mengapa peran pemerintah daerah, khususnya khususnya dinas terkait dalam memotivasi dan inovasi terhadap kelompok-kelompok tani di HSU, baik dari segi pembangunan fisik atau teknologi budidaya,” tutur pemerhati sosial kemasyarakatan HSU ini.

“Kemudian, pemberian pupuk yang berkualitas, baik pupuk yang bersubsidi maupun non subsidi dengan harga yang terjangkau agar nantinya produksi panen di HSU dapat meningkat untuk mencapai kemandirian pangan yang tentunya juga berdampak pada kesejahteraan pada petani itu sendiri,” imbuh Rosihan lagi.

BACA JUGA : Jadi Contoh Desa Proklim, Desa Pulan Tani Kembangkan Lahan Rawa Produktif

Menurut dia, dalam mewujudkan hal itu, tentu kepala dinas terkait jangan terkesan bekerja normatif, hanya menikmati jabatan saja, tanpa inovasi dan terobosan yang mendasar dalam upaya meningkatkan produktifitas panen padi di HSU.

“Jika perlu studi banding dan studi tiru ke Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau sebagai input yang jelas dan bisa diterapkan di Kabupaten HSU. Ya, dalam bentuk karya nyata, sebab nantinya HSU termasuk daerah strategis dalam menyongsong berdirikan ibukota negara baru,” papar Rosihan.

BACA JUGA : Banyak Eceng Gondok Tutupi Lahan Pertanian, Warga Danau Panggang Harapkan Ketua DPRD Tambah Alat Berat

Menurut dia, dengan sumber daya alam (SDA) nihil khususnya industri ekstraktif atau lainnya di Kabupaten HSU, maka sektor pertanian khususnya sebagai daerah penyangga pangan menjadi sebuah keniscayaan.

“Sebab, HSU harus menjadi daerah penyangga atau penyandang ketahanan pangan dan penyeimbang sebagai daerah non SDA,” pungkas Rosihan.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2023/08/09/rokan-hilir-sukses-dengan-sektor-pertanian-pospera-sarankan-pemkab-hsu-bisa-studi-tiru/,https://jejakrekam com/tag/ketua-pospera-hsu-rosihan-anwar/
Penulis Muhammad
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.