Banyak Eceng Gondok Tutupi Lahan Pertanian, Warga Danau Panggang Harapkan Ketua DPRD Tambah Alat Berat

0

GELARAN penyerapan aspirasi atau reses anggota DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) tahun 2023 resmi dilaksanakan. Sebanyak 55 anggota DPRD Kalsel turun ke Daerah Pemilihan (Dapil) masing-masing, guna mengumpulkan informasi serta aspirasi dan keluhan dari warganya, tak terkecuali Ketua DPRD Kalsel H. Supian HK.

H SUPIAN HK, yang merupakan bagian dari Dapil 5 (HSU, Balangan, Tabalong), menyambangi Kecamatan Danau Panggang, pada Reses perdana di tahun 2023 ini. Terhitung sebanyak 16 desa, berhasil diserap aspirasinya oleh polisi senior partai Golongan Karya (Golkar) tersebut, dimulai dari 4 februari hingga berakhir pada 11 Februari 2023.

Supian HK menyebutkan, banyak dari warga desa yang mengeluhkan banyaknya tanaman susupan gunung (Mimosa Pigra / Putri Malu Raksasa) dan eceng gondok yang menutupi lahan pertanian potensial di kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) tersebut.

BACA : Buka Akses ke Tapin-Batola, Ketua DPRD Kalsel Pastikan Proyek Poros Jalan Paminggir Berlanjut

Lebih lanjut H Supian HK menjelaskan, akar yang kuat dan batang yang berduri, menyebabkan warga kesulitan untuk membersihkan tanaman jenis ini, sehingga warga mengusulkan untuk menambah alat berat berjenis ekskavator, agar pertanian dapat berkelanjutan.

Asosiasi kepala desa di Kabupaten HSU dan Kecamatan Danau Panggang Wahyudi Agus Faisal mengatakan, dirinya banyak menerima usulan dari masyarakatnya terkait tanaman susupan gunung yang menutupi lahan pertanian, dirinya berharap Ketua DPRD Kalsel dapat membantu untuk penanganan permasalahan di desanya.

BACA JUGA : Menerobos Rawa, Bagikan Buku, Sebarkan Budaya Dongeng di Paminggir

Lebih lanjut Pambakal Wahyudi menjelaskan, alat berat yang sudah ada di wilayahnya saat ini berjalan dengan baik. Hanya saja, banyaknya desa yang membutuhkan alat tersebut, membuat pihaknya memakai bergantian dan memakan waktu yang sangat lama.

“Kami mengusulkan kepada Ketua DPRD Kalsel untuk bisa menambah alat berat, agar pertanian dapat berkelanjutan dan hasil pertaniannya dapat ditingkatkan,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Humas DPRD Kalsel
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.