Pasang Foto Jadul di Baliho ‘Sosialisasi’, Sejumlah Calon Senator DPD RI Jadi Sorotan

0

SOROTAN publik mengarah ke baliho bakal calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI. Terutama, saat foto lawas dipasang jadi media sosialisasi pencalonan para kandidat senator di Pemilu 2024.

PEGIAT Forum Ambin Demokrasi, Noorhalis Majid misalkan mempertanyakan masalah foto ‘jadul’ yang mungkin sudah 10-15 tahun lalu oleh sejumlah calon anggota DPD RI.

“Iseng saat kami tanyakan, apakah foto jadul yang bermunculan jelang Pemilu 2024. Foto itu seakan menghipnotis pemilih memaksa mengembalikan memori lima tahunan agar jangan sampai berpindah pilihannya,” komentar mantan Ketua KPU Kota Banjarmasin ini.

Agak kentara tentu saja dua senator yang langganan terpilih melaju ke Senayan Jakarta. Yakni, Pangeran Syarif Abdurrahman Bahasyim alias Habib Banua maupun Gusti Farid Hasan Aman. Termasuk, beberapa figur petahana juga turut memasang foto lawas.

BACA : Ingin Awet Muda? Jadilah Caleg di Pemilu

Di beberapa sudut hingga pusat kota di Banjarmasin, misalkan foto-foto lama itu tampak terpampang cukup megah. Seperti di kawasan Pasar Malabar, Jalan Ujung Murung, persis di turunan Jembatan Pangeran Antasari, Banjarmasin, misalkan.

Berdasar Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 30 Tahun 2018 tentang Perubahan Ketiga atas PKPU Nomor 14 Tahun 2018 tentang Pencalonan Perseorangan Peserta Pemilu Anggota DPD, terutama pada Pasal 65 huruf j menegaskan pas foto berwarna ukuran 4 x 6 cm sebanyak dua lembar dalam bentuk naskah asli (hard copy) dan naskah asli elektronik (soft copy) yang merupakan foto terakhir yang diambil paling lambat 6 bulan sebelum pendaftaran calon anggota DPD.

BACA JUGA : Orang Pilih Anggota DPD Hanya Lihat Ketokohannya, Tapi Kalah Hebat Dengan Anggota DPR RI

Anggota KPU Provinsi Kalsel, Muhammad Fahmi Failasopa menyebut berdasar hasil penelusuruan pada sistem informasi pencalonan (Silon) DPD untuk Habib Banua dan Gusti Farid Hasan Aman sudah menggunakan foto terbaru.

“Dalam Silon anggota DPD sudah menggunakan foto terbaru. Mungkin foto lama itu hanya dipasang di baliho saja,” kata Fahmi yang membidangi sosialisasi, pendidikan pemilih, partisipasi masyarakat dan SDM KPU Provinsi Kalsel kepada jejakrekam.com, Kamis (3/8/2023).(jejakrekam)

Penulis Ferry Oktavian
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.