Peringatan Hari Sungai Nasional, Pemprov Kalsel , Pemkot Banjarmasin Dan BWS Kalimantan III Gelar Aksi Bersih-Bersih

0

DALAM rangka memperingati Hari Sungai Nasional yang tepat jatuh pada tanggal 27 Juli 2023, Pemerintah Provinsi Kalsel, Pemkot Banjarmasin dan Balai Wilayah Sungai (BWS) Kalimantan III, menggelar aksi bersih sungai dan susur sungai, Kamis (27/7/2023).

KEGIATAN ini juga dilaksanakan dalam rangka Road to Event 10th World Water Forum 2024 yang akan digelar di Bali.

Kegiatan yang dipusatkan di Sungai Martapura, kawasan Taman Muara Kelayan ini diawali dengan bersih-bersih sungai, yang turut dilakukan bersama masyarakat dan juga pasukan turbo. Kemudian dilanjutkan dengan membersihkan secara susur sungai di Sungai Martapura serta juga menanam pohon.

Turut hadir dalam kegiatan, I Putu Purna Wijaya selaku Kepala Balai Wilayah Sungai Kalimantan III, Kepala DLH Prov Kalsel Hanifah Dwi Nirwana, Forkopimda serta jajaran terkait.

BACA: Bersihkan Sungai Hingga Bagi-bagi Bakul Purun Warnai Hari Lingkungan Hidup di Banjarmasin 

Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina mengungkapkan bahwa, kegiatan ini merupakan Gerakan Nasional Kemitraan Penyelamatan Air (GN-KPA), sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat untuk terus berkomitmen bersama-sama membersihkan sungai. “Sampah yang terkumpul ya dicacah oleh bank sampah kita,” ujarnya.

Saat ini pencemaran sungai di Banjarmasin masuk dalam kadar sedang-berbahaya, karena bakteri E-coli. Sehingga, pihaknya terus berupaya menekan angka E-coli dengan membersihkan jamban di sungai.

Diketahui, saat ini sudah ada 20 kelurahan bebas jamban. Sedangkan 33 kelurahan lain masih bermasalah terkait jamban di sungai. Tentunya hal itu pekerjaan ekstra yang harus diselesaikan, apalagi air sungai menjadi sumber air baku.

“Sungai sebagai lokasi wisata. Sungai sebagai pengendali banjir. Kami berharap, masyarakat tidak lagi menggunakan jamban untuk membuang limbah domestik. Termasuk upaya untuk tidak lagi membuang sampah di sungai,” harap Ibnu Sina.

BACA JUGA: Terjunkan 26 Lanting, Komunitas Pencinta Alam Siap Bersihkan Sungai Tabalong dari Sampah

Sementara itu, I Putu Eddy Purna Wijaya mengatakan, bahwa kegiatan ini tujuannya untuk berkomitmen agar menjaga lingkungan sungai dan menunjukan komitmen bersama bahwa sungai harus dijaga dan dipelihara.

“Tidak hanya dari tingkat pemerintah, tetapi juga bersama-sama dengan masyarakat dan komunitas untuk kita tekankan pentingnya pemberian edukasi,” ucapnya.

Pihaknya juga melakukan pemberian edukasi kepada pelajar dengan cara melaksanakan lomba mewarna pada anak TK.

Kegiatan susur sungai dan bersih-bersih sungai ini dilakukan secara serentak di Indonesia. Kemudian usai kegiatan bersih-bersih sungai dilanjutkan dengan zoom meeting dengan Menteri, terkait kegiatan yang sudah dilakukan.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.