Husairi Abdi

Terjunkan 26 Lanting, Komunitas Pencinta Alam Siap Bersihkan Sungai Tabalong dari Sampah

0

SEBANYAK 26 buah lanting siap mengarungi Sungai Tabalong di Kabupaten Tabalong untuk mengikuti ajang aksi bersih sungai, Balarut Maharagu Sungai (Bamasung) III tahun 2021.

KETUA Pelaksana Bamasung III, Haris Fadillah mengatakan, persiapan saat ini sudah 80 persen. Terutama, dari total peserta hingga perlengkapan menopang aksi bersih-bersih sungai dengan mengapung di atas Sungai Tabalong.

“Di titik start sudah dipasang spanduk-spanduk, penerangan dan area untuk menurunkan lanting juga sudah dibersihkan,” ujar Haris Fadillah kepada awak media di Tanjung, Jumat (26/11/2021).

Bamasung III dijelaskan Haris merupakan kegiatan edukasi untuk menyadarkan masyarakat agar menjaga kelestarian air dan sungai serta mengurangi dampak pencemaran dengan membudayakan membuang sampah pada tempatnya. Kegiatan ini dihelat selama dua hari, pada Sabtu dan Minggu, 27-28 November 2021.

BACA : Bamasung 2020 Berhasil Angkut Ratusan Kilo Sampah dari Sungai Tabalong

Peserta Bamasung III kali ini terdiri dari komunitas pecinta alam, komunitas motor, UPBS, organisasi kepemudaan dan instansi pemerintah.

“Total peserta yang ikut 23 kelompok yang dalam satu lanting terdiri dari lima orang ditambah tiga lanting dari kami. Jadi, total lanting yang akan mengarungi sungai Tabalong nanti berjumlah 26 lanting,” ujar Haris.

Direncanakan, pembukaan kegiatan Sabtu (27/11/2021) besok akan dihadiri Bupati Anang Syakhfiani dan unsur Muspida Tabalong. Dalam Bamasung III, diisi kegiatan penanaman di beberapa titik lokasi, seperti di titik start di Desa Murung Karangan, Desa Sungai Buluh dan Desa Masintan.

BACA JUGA : Penemuan Mayat Bayi di Sungai Tabalong, Polisi Kirim Sampel untuk Uji DNA

“Untuk kegiatan penanaman pohon, kami masih melihat kondisi debit air, bila sudah mulai turun, maka penanaman mungkin untuk dilakukan di beberapa titik lokasi yang sudah ditentukan,” ungkap Haris.

Saat ini, debit air sungai Tabalong mengalami kenaikan akibat hujan deras yang terus mengguyur dalam beberapa hari terakhir. Untuk itu, Haris mengimbau masyarakat yang menyaksikan Bamasung III untuk berhati-hati, terutama anak kecil karena debit Sungai Tabalong mulai dalam dengan arus lebih deras dari biasanya.(jejakrekam)

Penulis Herry Yusminda
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.