Upaya Peningkatan Kualitas SDM Dengan Pencanangan Kampung Keluarga Berkualitas

0

KOTA Banjarmasin kembali mencanangkan Kampung Keluarga Berkualitas (KB) Kampung Baiman, melalui Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Masyarakat (DPPKBPM) Kota Banjarmasin.

PENCANANGAN yang dilakukan oleh Staff Ahli Bidang Kerjasama dan Investasi Iwan Fitriyadi serja jajaran terkait di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarmasin, bertempat di Jalan Cempaka Raya, Gang Mayang Maurai RT 43, Kecamatan Banjarmasin Barat, Selasa (25/7/2023).

Pada kesempatan itu, Iwan Fitriyadi mencanangkan 2 kampung KB yaitu di Kelurahan Telaga Biru dan Belitung Utara di Kecamatan Banjarmasin Barat. Sehingga saat ini sudah ada 38 Kampung KB Kampung Baiman yang dicanangkan Kota Banjarmasin.

BACA: Kampung Baiman Teluk Kelayan Jadi Percontohan, DPRD Siap Dukung Entaskan Kawasan Kumuh

“Kegiatan pencanangan ini merupakan sebuah momentum penting bagi kita semua dalam memperkuat upaya menciptakan lingkungan yang berkualitas serta masyarakat yang sejahtera di Kota Banjarmasin,” ucapnya.

Ia menjelaskan, berdasarkan surat edaran Mendagri pada tahun 2023, perihal optimalisasi penyelenggaraan Kampung Keluarga Berkualitas, bahwa kepada gubernur dan bupati serta walikota untuk membentuk kampung keluarga berkualitas sesuai dengan target, yakni sebanyak total 44 kampung keluarga berkualitas di Kota Banjarmasin.

“Pencanangan Kampung KB dilaksanakan pada 1 lokasi di setiap kecamatan, dengan mencanangkan 2 atau 3 kampung sekaligus di setiap kecamatan,” jelasnya.

BACA JUGA: Kampung KB ke-30 Dicanangkan, H Arifin Noor: Upaya Meningkatkan Kualitas SDM

Iwan mengungkapkan, kampung KB didefinisikan sebagai satuan wilayah setingkat desa atau kelurahan, dimana terdapat integrasi dan konvergensi pada penyelenggaraan pemberdayaan dan penguatan institusi keluarga dalam seluruh dimensi guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

“Tujuan dibentuknya kampung KB kampung baiman ini secara umum adalah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, keluarga dan masyarakat,” ujarnya.

“Semoga dengan terbentuknya Kampung KB Kampung Baiman pada Kelurahan Telaga Biru dan Belitung Utara ini, manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat, sehingga dapat turut mengoptimalkan upaya penguatan dan pemberdayaan institusi pembangunan keluarga yang lebih berkualitas di Kota Banjarmasin,” tutupnya.(jejakrekam)

Penulis Fery Hidayat
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.