Kampung KB ke-30 Dicanangkan, H Arifin Noor: Upaya Meningkatkan Kualitas SDM

0

WAKIL Walikota Banjarmasin H Arifin Noor secara resmi mencanangkan kampung Keluarga Berkualitas (KB) Kampung Baiman tahun 2022 yang ke-30. Kegiatan tersebut berlangsung di Jalan Antasan Segera, Kelurahan Murung Raya, Kecamatan Banjarmasin Selatan, Selasa (21/6/2022).

KEGIATAN dihadiri pula oleh Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, dan Pemberdayaan Masyarakat (DPPKBM) M Helfian Noor, camat dan lurah se-Kecamatan Banjarmasin Selatan, Forkopimda serta sejumlah pimpinan SKPD yang berada di lingkungan Pemerintah Kota Banjarmasin.

H Arifin Noor menyampaikan bahwa Kelurahan Murung Raya tersebut merupakan Kampung KB yang ke-30 atau yang ke-4 pada tahun 2022. “Alhamdulillah kita dapat melaksanakan kegiatan pencanangan Kampung KB ini yang bertempat di Antasan Segera No 33 Kelurahan Murung Raya Banjarmasin Selatan,” ucapnya.

Kemudian, ia mengucapkan terima kasih kepada DPPKBM Kota Banjarmasin serta kepada seluruh masyarakat dan kader kesehatan, ketua RT, lurah, dan semua pihak yang memiliki komitmen dalam pembentukan Kampung KB Baiman Kota Banjarmasin.

BACA: Kampung Keluarga berkualitas Ke-28, Upaya Turunkan Stunting dan Gizi Buruk di Banjarmasin

“Tadi kita sudah mendengar laporan dari Kepala Dinas bahwa hasil data-data kita perlu kembali menata kawasan ini secara baik. Baik secara lingkungan, aspek kesehatan masyarakat ataupun aspek ekonomi masyarakat,” ujarnya.

Adapun paparan laporan dari Kepala Dinas DPPKBM yaitu jumlah pasangan berusia subur sebanyak 1740 dengan persentase prevalensi KB modern sebesar 67,87 persen yang terdiri atas prevalensi MKJP 6,67 persen dan prevalensi non MKJP 61,21 persen. Kemudian pasangan berusia subur yang ingin ber-KB tetapi tidak terpenuhi sebesar 10,23 persen.

Selain itu, H Arifin Noor berharap dengan berjalannya kegiatan Kampung KB tersebut masyarakat bisa mendapatkan insan-insan yang berkualitas sehingga mereka mudah meraih ekonomi yang baik juga kedepannya.

“Walaupun hanya keluarga kecil tapi kita ingin keluarga yang berkualitas, mudah mudahan kita bisa mencanangkan Kampung KB full diseluruh Kelurahan yang ada di Kota Banjarmasin, tahun depan akan kita evaluasi apa saja sudah dicanangkan pada tahun 2022, awal tahun 2023 akan kita lihat kampung mana saja yang memiliki perubahan yang pesat,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Ummu Hani
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.