Jalankan Program Kapolri, 1.009 Warga di Kalsel Jadi Polisi Rukun Warga

0

PROGRAM Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang digulirkan secara nasional kini hadir di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

TERCATAT, 1.009 warga bergabung dalam Polisi Rukun Warga (RW). Hal ini demi membantu petugas Bhabinkamtibmas di tingkat desa/kelurahan di wilayah hukum Polda Kalsel.

Peluncuran program Polisi RW ini dipimpin Inspektur Pengawasan Daerah (Irwasda) Polda Kalsel Kombes Pol Turman Sormin Siregar di halaman Mapolresta Banjarmasin, Selasa (20/6/2023).

Apel Kasatkamling sekaligus peluncuran Polisi RW ini dihadiri pejabat Forkopimda Kalsel dan Kota Banjarmasin. Tampak pula hadir Asisten I Bidang Pemerintah dan Kesra Setda Kota Banjarmasin, Machli Riyadi.

“Dengan adanya polisi RW ini bisa menciptakan rasa aman di lingkungan dapat membantu dan mengakomodir penyelesaian masalah di tingkat desa/kelurahan. Hal ini sebagai upaya sinergitas keberlangsungan kamtibnas maupun kesejahteraan warga di Kalsel,” tegas Irwasda Polda Kalsel.

BACA : Diduga Curi Kabel Listrik Penerangan Jalan, 2 Orang Warga Jelapat Baru Berurusan Dengan Polisi

Dia mengingatkan agar para polisi RW dapat membersamai situasi maupun kondisi masyarakat sekitar baik terkait masalah kamtibnas, ekonomi, maupun kesehatan,” kata perwira menengah Polda Kalsel ini.

Menurut Irwasda, polisi RW juga dapat mengetahui dan menyampaikan hal itu kepada pimpinan (atasan), sehingga bisa ditemukan solusi yang ingin diambil dalam menuntaskan masalah.

BACA JUGA : Bentuk Rumah Restorasi Justice, Kejati Kalsel Raih 3 Penghargaan dari Kejagung

Untuk diketahui, polisi RW merupakan sebuah program pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (harkamtibmas) yang dilaksanakan di lingkup wilayah terkecil.

Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Barhankam) Polri, Komjen Mohammad Fadil Imran, menerangkan program polisi RW ini adalah kebijakan dari Kapolri dan akan diterapkan secara bertahap di seluruh Indonesia.(jejakrekam)

Penulis Sirajuddin
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.