Bebaskan Lahan Bangun Jembatan Pramuka-Sei Gampa, Disperkim Banjarmasin Akui Harga Tanah Mahal

0

PROSES pembebasan lahan untuk membangun Jembatan Pramuka-Sungai (Sei) Gampa yang ditaksir akan menelan dana Rp 200 miliar, telah memasuki tahapan appraisal.

TIM appraisal diterjunkan oleh Dinas Perumahan Rakyat dan Permukiman (Disperkim) Kota Banjarmasin telah mendata kepemilikan tanah untuk tahapan proses penilaian harga lahan yang akan dibebaskan.

“Ada dua kawasan yang lahannya harus dibebaskan. Yakni di sisi Jalan Pramuka dan Sungai Gampa, Sungai Jingah,” ucap Kepala Disperkim Kota Banjarmasin, Chandra Iriandi Wijaya kepada jejakrekam.com, Jumat (9/6/2023).

Chandra mengakui untuk biaya pembebasan lahan atau tanah termahal berada di zona Jalan Pramuka, Kelurahan Pengambangan, Banjarmasin Timur karena ada bangunan dan tanah yang harus dibebaskan pemerintah kota. Sementara di kawasan Sungai Gampa, masih berupa lahan terbuka.

BACA : Digarap Mulai 2023, Ini Rencana Jembatan Pramuka-Sungai Gampa Bernilai Rp 175 Miliar

“Untuk sisi Jalan Veteran-Pramuka, luas lahan yang dibebaskan mencapai 6.460 meter. Sedangkan, di sisi Sungai Gampa lebih luas mencapai 18.870 meter. Saat ini, tim appraisal masih mendata kepemilikan lahan dan bangunan yang akan dibebaskan,” ucap mantan Kepala Bidang Jalan Dinas PUPR Kota Banjarmasin ini.

Chandra melanjutkan dari perbedaan harga lahan yang harus dibebaskan, tentu harus dihitung secara seksama sehingga anggaran yang dicairkan sesuai dengan perhitungan tim appraisal.

BACA JUGA : Lahan Dibebaskan Seluas 5.000 M2, Jembatan Pramuka-Sei Gampa Berbiaya Rp 175 Miliar Dibangun

Sekadar mengingatkan untuk proyek fisik pembangunan Jembatan Pramuka-Sei Gampa yang membentang di atas Sungai Martapura ini dibangun bentang utama mencapai 120 meter dengan oprit jembatan sisi Jalan Pramuka seluas 50×80 meter dan oprit sisi Sungai Gampa 50×80 meter.

Untuk pagu anggaran proyek Jembatan Pramuka-Sei Gampa ini ditaksir menelan dana Rp 175 miliar. Sedangkan, untuk dana lahan yang akan dibebaskan di setiap oprit jembatan ditaksir mencapai Rp 25 miliar hingga Rp 50 miliar bersumber dari APBD Banjarmasin tahun 2023.

BACA JUGA : Tahun 2023, Sudah Bebaskan Lahan, Kaki Oprit Jembatan Pramuka-Sei Gampa Bisa Terbangun

Selain itu, Jembatan Pramuka-Sei Gampa juga akan dilengkapi dengan pembangunan jalan sepanjang 3,8 kilometer yang akan terkoneksi hingga ke wilayah Kecamatan Alalak, Kabupaten Barito Kuala.

Rincian lahan yang akan dibebaskan untuk jalan mencapai 50 meter. Nantinya, lahan itu akan dibangun badan jembatan, drainase dan trotoar 30 meter serta ruang bebas 10 meter.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2023/06/10/bebaskan-lahan-bangun-jembatan-pramuka-sei-gampa-disperkim-banjarmasin-akui-harga-tanah-mahal/
Penulis Asyikin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.