Peningkatan Layanan SKPD, Dengan Memberikan Pemahaman Bagi Masyarakat

0

GUNA meningkatkan kinerja SKPD dalam lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarmasin kepada masyarakat, maka diadakan forum dialog konsultasi standar pelayanan publik.

KEGIATAN ini bertujuan memberikan bagaimana pemahaman kepada masyarakat, terkait bagaimana pelayanan yang diberikan oleh SKPD itu berjalan. “Memang secara umum pemerintah atau SKPD memberikan pelayanan dengan tujuan mendekatkan dengan masyarakat,” ucap Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin Ikhsan Budiman, Senin (5/6/2023).

“Tapi secara gamblang banyak yang menilai pelayanan itu harus ke masyarakat, namun tak hanya itu karna masih ada aspek administrasi, kewenangan, dan segala macam yang mungkin ini harus dikomunikasikan,” sambungnya.

Sehingga Ikhsan Budiman berharap, dari situ dapat dipahami bersama bagaimana tujuan akhir dari pelayanan SKPD kepada masyarakat. Ia juga melihat, sekarang ini masalah utama yang dihadapi untuk memberikan pelayanan masyarakat ialah dalam hal administrasi, karena ketidaksinkronan pemahaman.

BACA: Pemprov Kalsel Dorong SKPD Meningkatkan Nilai Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik

“Sebab harus masih ada beberapa pertimbangan, pelayanan memang ke masyarakat, namun harus juga melihat pada sisi kewenangan, serta sisi administrasi dan lainnya,” tuturnya.

Selain itu juga mengenai Standar Operasional Prosedur (SOP) pelayanan yang diberikan semua itu harus bisa dipahami oleh masyarakat.

Oleh itu, forum dialog ini diadakan untuk menyamakan persepsi serta pemahaman masyarakat dalam mengurus segala sesuatu ke SKPD. Forum dialog konsultasi publik merupakan sarana yang tepat untuk memperoleh masukan dan saran dari masyarakat tentang bagaimana cara meningkatkan kualitas pelayanan publik di SKPD.

BACA JUGA: 20 Program Prioritas Pemkot Banjarmasin Mengisi Tahun 2023

“SKPD pun harus memahami dan memenuhi kebutuhan masyarakat, serta mengikuti standar pelayanan yang telah ditetapkan,” ungkapnya.

“Saya mengajak kepada seluruh masyarakat yang hadir untuk memberikan masukan dan saran yang konstruktif dalam forum ini,” tambahnya.

Ikhsan berharap, dengan adanya kegiatan itu dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi dan perbaikan bagi SKPD dalam memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat.

“Saya juga berharap kegiatan ini dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam proses pembangunan dan pelayanan publik. Mari kita bersama-sama berkontribusi untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik di Kota Banjarmasin,” pungksanya.(jejakrekam)

Penulis Fery Hidayat
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.