562 Jamaah Calon Haji Asal Banjarmasin Dilepas Berangkat Ke Tanah Suci

0

SEBANYAK 562 jamaah asal Kota Banjarmasin dilepas oleh Wakil Walikota Banjarmasin H Arifin Noor, dan telah masuk ke asrama haji Embarkasi Banjarmasin dini hari tadi, Selasa (6/6/2023).

H Arifin Noor berpesan agar para jamaah calon haji untuk bersiap dan menjaga kesehatan. “Pertama kepada para jemaah haji persiapkan diri dengan sebaik baiknya, mengingat pelaksanaan ibadah haji tidak hanya sekedar membutuhkan kesehatan fisik namum juga memerlukan pengendalian diri berupa kesabaran selama pelaksanaan ibadah,” ujarnya.

Hal ini disampaikan H Arifin Noor, usai melaksanakan shalat hajat berjamaah dengan rombongan haji asal Kota Banjarmasin di ruang induk Masjid Raya Sabilal Muhtadin, Senin (5/6/2023).

BACA: Ongkos Naik Haji 2023 Turun Jadi Rp 49,8 Juta, Jamaah Tak Perlu Bayar Biaya Tambahan

“Lalu, peran dari ketua regu dan ketua rombongan sangat penting. Dalam rangka membimbing dan mengatur anggotanya agar pelaksanaan ibadah haji dapat berjalan dengan baik dan benar. Untuk itu saya berharap agar ketua regu dan ketua rombongan dapat melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik serta penuh kesabaran,” tambahnya.

Arifin juga menyarankan kepada jamaah haji yang akan berangkat untuk tidak terlalu memaksakan diri mengerjakan ibadah sunah, apabila kegiatan tersebut dapat menganggu kesehatan serta tidak mengerjakan hal-hal yang di luar rukun haji.

“Saya mohon kepada para jamaah untuk turut mendoakan agar kota Banjarmasin senantiasa aman damai tertib, masyarakatnya sejahtera serta selalu dalam lindungan dari Allah SWT,” harapnya.

Menambahkan Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Kementerian Agama Banjarmasin H Zainal Muttaqim, bahwa untuk mendampingi jamaah telah ditempatkan sejumlah petugas. “Ada lima orang di setiap kloter. Dari lima itu ada satu orang pembimbing ibadah, satu orang ketua kloter dan tiga orang paramedis,” ucapnya.

BACA JUGA: 2 Jamaah Kalsel Tertunda Pergi Haji, Tambrin: Bukan Batal Apalagi Gagal Berangkat

Ia juga berpesan kepada para jamaah haji untuk dapat menjaga kesehatan, lalu juga agar jangan memaksakan diri saat beridah haji di tengah cuaca panas ekstrem di sana. “Untuk saat ini memang ada beberapa jamaah yang dialihkan ke kloter berikutnya karena ada permasalahan kesehatannya,” ucapnya.

Dilanjutkannya untuk usia lansia dari Embarkasi Banjarmasin berkisar sekitar 30 persen, berdasarkan pendataan dari Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, dimana mereka adalah yang berusia di atas 60 tahun.

Di sisi lain, menjadi yang tertua diantara jemaah calon haji asal Banjarmasin, Rusinah Abdul Hasim Durammah mengungkapkan kebahagiaannya.

Warga Jalan HKSN Komplek Dasamaya 2 ini memasuki usia 85 tahun, di keberangkatan musim haji 2023 ini meskipun telah menunggu lama. “Alhamdulillah senang aja, bisa berangkat meskipun lama baru bisa,” ujarnya Senin (5/6/2023).

BACA LAGI: Dilepas H Sahbirin Noor, Kloter Pertama Jamaah Haji Kalsel Bertolak Ke Tanah Suci

Diungkapkannya dia telah menunggu giliran keberangkatan haji sejak 2015 silam, meskipun di tahun ini ia berangkat sendiri tanpa pendamping, ia yakin bisa sampai dan dapat menjalani ibadah haji dengan khusyuk.

“Insyaallah yakin sudah semangat untuk berangkat, bahkan jika mati di sana tidak apa-apa, malah bagus lagi kalau bisa wafat di tanah suci,” ucapnya.

Sementara itu anak Rusinah, Mahdiah juga mengungkapkan perasaan senangnya karna akhirnya sang ibunda dapat berangkat berhaji. “Senang akhirnya bisa berangkat, namun sedih juga harus berpisah tapi saya serahkan saja kepada Allah SWT. Dia yang memanggil, Allah juga yang menolong di sana,” ucapnya.

Ia juga berharap sang ibunda dapat beribadah dengan khusyuk dan tenang di sana. “Serta dapat melaksanakan segala kewajiban haji, juga dapat pulang kembali dengan sehat, meskipun untuk keberangkatan ini sudah saya ikhlaskan sepenuhnya pada Allah SWT,” harapnya.(jejakrekam)

Penulis Fery Hidayat
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.