Sosok Hasib Salim Lebih Diunggulkan Kembali Pimpin NU Kalsel di Konferwil IX 2023

0

SOSOK Ketua Tanfidziyah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Kalsel KH Abdul Hasib Salim lebih diunggulkan untuk dipilih memimpin ormas Islam ‘kaum sarungan’ terbesar di Banua.

FIGUR anggota DPRD Kalsel dari Fraksi PDI Perjuangan ini merupakan seorang ulama (kiai) sekaligus Ketua Harian Yayasan Pondok Pesantren Rasyidiyah Khalidiyah (Rakha) yang menaungi Sekolah Tinggi Ilmu Alquran dan STIA Rakha dan lainnya.

“NU merupakan ormas Islam yang berbasis kiai atau ulama, jadi sudah semestinya kepemimpinan itu diberikan kepada sosok kiai pesantren. Karena memang itu basis NU,” ucap Wakil Ketua PWNU Kalsel, Teddy Suryana kepada jejakrekam.com, Sabtu (3/6/2023).

Jelang Konferensi Wilayah (Konferwil) IX Tahun 2023 di Ponpes Rakha Amuntai pada 8-11 Juni 2023, nama petahana KH Abdul Hasib Salim memang menguat dibandingkan figur lainnya.

BACA : Jelang Konferwil IX 2023 Di Ponpes Rakha Amuntai, 3 Nama Kandidat Ketua NU Kalsel Mulai Beredar

Sebelumnya, nama Sekretaris Umum MUI Kalsel Nasrullah AR yang juga Wakil Ketua PWNU Kalsel, Ketua PBNU serta Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Kalsel H Muhammad Tambrin disebut-sebut sebagai kandidat ketua masa khidmat 2023-2028 dalam ajang pemilihan pemimpin warga Nahdiliyin. Menariknya, kandidat ketua pun dikabarkan bakal muncul dari kubu HM Syarbani Haira yang kini menggeluti Rabithah Melayu Banjar.

“Selama kepemimpinan Kiai Hasib Salim yang melanjutkan masa sisa periode Abdul Haris Makkie yang memilih mengundurkan diri karena mencalon Walikota Banjarmasin pada Pilkada 2020 lalu, ketika ditunjuk oleh PBNU,” tutur anggota DPRD HSU dari Fraksi PDIP ini.

BACA JUGA : Ditunjuk PBNU, KH Hasib Salim Resmi Nakhodai PWNU Kalsel

Teddy melanjutkan kiprah Hasib Salim dalam kepemimpinan, terbukti dengan berhasil mengamankan aset tanah milik NU di Jalan Hasanuddin HM Banjarmasin dengan mengantongi sertifikat.

“Bukan hanya soal inventarisasi dan penyelamatan serta pengamanan aset-aset NU yang berceceran, namun juga turut membenani perguruan tinggi; Universitas Nahdlatul Ulama Kalsel (UNUKASE). Ini bentuk keseriusan dan komitmen beliau,” tegas Teddy.

Ketua PW Gerakan Pemuda Ansor Kalsel ini menegaskan latar belakang Hasib Salim sebagai Nahdliyin tulen sudah teruji, bahkan pernah memimpin organisasi di bawah naungan Jamiyyah NU. Yakni, Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU).

BACA JUGA : Kantongi SHM, NU Berencana Bangun Gedung Representatif di Jalan Hasanuddin Banjarmasin

“Kami tahu betul sosok Kiai Hasib Salim yang dari awal kelas 2 MTs telah menjadi Ketua IPNU dua periode di Amuntai. Kemudian menjadi Ketua Wilayah IPNU Kalsel, Wakil Ketua PMII Kota Banjarmasin dan Ketua PMII Amuntai, Wakil Ketua GP Ansor Amuntai. Kiai Hasib Salim juga pernah jadi Ketua NU Amuntai tiga periode, hingga jadi Wakil Ketua PWNU Kalsel dua periode di era HM Syarbani Haira. Jadi, rekam jejaknya untuk berkhidmat di NU tidak perlu diragukan, bahkan tak berhenti sedari kecil,” beber Teddy.

Sebagai pegiat dan praktisi pendidikan Islam, Teddy melihat sosok Hasib Salim dengan memulai pendirian STIT Rakha pada 1986 hingga menjadi STAI pada 2000 bersama Dr Saberan dan kawan-kawan.

BACA JUGA : Seabad Ponpes Rakha Amuntai dan HSN 2022, PWNU Kalsel : Jaga Semangat Juang Kaum ‘Sarungan’

“Beliau juga turut mendirikan dan mengelola STIQ Rakha Amuntai yang sekarang dipimpinnya sebagai ketua. Bahkan, turut terlibat dalam tim 13 pendirian Ma’had Aly di Indonesia pada 2016, hingga lahir 13 Ma’had Aly se-Indonesia wilayah Kalimantan, hingga terpilih di Ponpes Rakha,” beber Teddy lagi.

Sebagai generasi muda, Teddy menegaskan prinsip yang dipegang adalah taat dan patuh terhadap arahan atau perintah Kiai.

“Ya, kami sami’na wa aṭo’na. Semoga dalam Konferwil NU Kalsel pada Juni 2023 ini, Kiai Hasib Salim bersedia untuk memimpin ormas Islam ini. Tentu kami berharap bisa dicapai dalam musyarawah mufakat,” imbuh Teddy.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2023/06/03/sosok-hasib-salim-lebih-diunggulkan-kembali-pimpin-nu-kalsel-di-konferwil-ix-2023/
Penulis Ipik Gandamana
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.