Seabad Ponpes Rakha Amuntai dan HSN 2022, PWNU Kalsel : Jaga Semangat Juang Kaum ‘Sarungan’

0

HARI Santri Nasional (HSN) 2022 dirayakan secara khidmat sekaligus memperingati Seabad atau 100 tahun Pondok Pesantrean Rasyidiyah Khalidiyah (Rakha) Amuntai, Sabtu (22/10/2022).

AGENDA khas kaum ‘sarungan’ ini dibarengkan dengan 100 tahun berdirinya Ponpes Rakha pada 13 Oktober 1922 atau 12 Rabiul Awwal 1314 Hijriyah oleh alumni Universitas Al Azhar, Mesir, Tuan Guru Abdurrasyid (1912-1922) berawal dari Arabische School di Desa Pekapuran, Amuntai Utara, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU).

Hingga, keberadaan Ponpes Rakha ini tak terpisahkan dari sejarah perjalanan pahlawan nasional asal Kalsel, KH Idham Chalid. Tokoh Nahdlatul Ulama (NU) bahkan merupakan Ketua Tanfizdiyah terlama 1956-1984 serta pernah menjabat Wakil Perdana Menteri pada Kabinet Ali Sastroamidjo II (24 Maret 1956-14 Maret 1957) dan Kabinet Djuanda (9 April 1957-6 Juli 1959) di bawah pemerintahan Presiden Soekarno.

BACA : Usulan PWNU Kalsel Diakomodir, 6 Tokoh Banua Masuk Jajaran PBNU Gus Yahya

Puncak peringatan Seabad Ponpes Rakha Amuntai juga dihadiri Gubernur Kalsel Sahbirin Noor dan jajaran Forkopimda Kalsel serta Pelaksana Harian Bupati HSU Zakly Asswan serta jajarannya, hingga ribuan santri dari berbagai ponpes mengikutinya berpusat di halaman Ponpes Rakha, Amuntai.

Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Kalimantan Selatan KH Abdul Hasib Salim menuturkan peringatan Hari Santri begitu bermakna bagi kaum ‘sarungan’.

“Alhamdulillah peringatan Hari Santri berjalan dengan lancar khidmat, didukung oleh Forkopimda Kalsel dan HSU. Pak Gubernur punya semangat yang tinggi,” ujar anggota DPRD Kalsel dari Fraksi PDI Perjuangan ini.

BACA JUGA : Meriahkan Seabad Ponpes Rakha Amuntai, Jawab Teka-Teki ala Paman Birin Berhadiah 8 Paket Umrah

Menurut Hasib, tahun ini, PBNU memperingati Hari Santri 2022 di Kota Jombang. Hari Santri diperingati berkaitan dengan lahirnya Resolusi Jihad pada 22 Oktober 1945 berawal dari seruan KH Hasyim Asy’ari kepada para santri dan ulama ponpes dari berbagai penjuru Indonesia.

“Instruksi tersebut menyebut untuk membulatkan tekad dalam melakukan jihad membela Tanah Air,” kata pembina Ponpes Rakha Amuntai ini.

BACA JUGA : Ciptakan Disiplin Diri, 280 Mahasiswa Baru STIQ Rakha Amuntai Ikuti Mastama

Menurut Hasib, peringatan Hari Santri serentak digelar di seluruh Indonesia untuk tingkat wilayah dan cabang NU dengan 500 titik. Salah satunya di Kalsel dipusatkan di Ponpes Rakha Amuntai.

Tokoh NU Kalsel dan Ponpes Rakha Amuntai; KH Abdul Hasib Salim (berkopiah hitam) didampingi para ulama Amuntai saat peringatan 100 tahun Ponpes Rakha dan Hari Santri Nasional 2022 di Amuntai. (Foto Istimewa)

“Kontribusi santri dalam perjalanan bangsa, baik dalam masa perjuangan kemerdekaan, maupun setelah kemerdekaan, termasuk masa reformasi tak bisa dibantah lagi,” kata Wakil Ketua Badan Kehormatan (BK) DPRD Provinsi Kalsel.

Hasib ingin membangkitkan semangat perjuangan, terutama warga ponpes bagi santri lewat Hari Santri Nasional.

BACA JUGA : Jejak Sunyi Jalan Spritual Sang Guru Politik NU, Idham Chalid

“Kita ingin belajar dari sejarah bagaimana para kiai dulu membangun dan mempertahankan bangsa ini. Kami berharap para santri bisa meneruskan perjuangan para kiai terdahulu dengan mengisi kemerdekaan,” kata Hasib.

Senada itu, Sekretaris PWNU Kalsel Berry Nahdian Forqan menjelaskan tema Hari Santri Nasional 2022 di Kalsel adalah berdaya menjaga martabat kemanusiaan.

BACA JUGA : Ribuan Jamaah Hadiri Tabligh Akbar UAS di Peringatan 100 Tahun Ponpes Rakha Amuntai

“Jadi, ke depan diharapkan para Santri terus berperan turut serta menyelesaikan berbagai problem kemanusiaan yang terjadi baik skala lokal, nasional bahkan global melalui pemikiran maupun tindakan nyata,” tutur mantan Wakil Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) ini.

Dalam apel nasional Hari Santri Nasional 2022, tak kurang dari 1.500 peserta dikerahkan PWNU dan PCNU se-Kalsel. Sekaligus mendengarkan sambutan dan arahan dari Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf secara live streaming diperhatikan secara khidmat oleh seluruh peserta yang terlibat.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2022/10/22/seabad-ponpes-rakha-amuntai-dan-hsn-2022-pwnu-kalsel-jaga-semangat-juang-kaum-sarungan/
Penulis Muhammad
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.