Benahi Trotoar dan Drainase, Proyek Kota Lama Bandarmasih Tempo Doeloe Digarap Akhir Juni

0

PROYEK mempermak kawasan Kota Lama Bandarmasih Tempo Doeloe di Jalan Hasanuddin HM, Banjarmasin akan mulai digarap pada akhir Juni 2023.

NILAI pagu anggaran proyek milik Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Banjarmasin terbilang gede. Termaktub dalam paket 5 (Kota Lama) dengan kucuran anggaran mencapai Rp 7.893.029.828 atau Rp 7,8 miliar lebih bersumber APBD Banjarmasin tahun 2023.

“Saat ini, kami masih mematangkan atau menfinalkan desain terkait pembenahan Kota Lama,” ucap Kepala Dinas PUPR Banjarmasin, Suri Sudarmadiyah kepada jejakrekam.com, Jumat (2/6/2023).

Menurut dia, selain mempermak kawasan jadul di pusat kota itu, juga ditangani soal desain trotoar dan sistem drainase Kota Lama.

BACA : Jual Wajah Jadul, Kucurkan Dana Rp 7,8 Miliar Demi Benahi Kota Lama Bandarmasih Tempo Doeloe

“Hal ini agar nanti ketika terjadi hujan lebat atau saat air pasang, genangan yang terjadi di sana (Kota Lama) tidak terlalu lama,” ucap Yayah, sapaan akrab pejabat perempuan Pemkot Banjarmasin ini.

Menurut dia, selain soal pembangunan trotoar dan sistem drainase, aspek pembenahan Kota Lama juga mengusung nilai seni atau estetika sehingga kawasan Bandarmasih Tempo Doeloe tetap menonjolkan visual bangunan-bangunan lama.

BACA JUGA : Patut Dijaga, Wajah Banjarmasin Jadul masih Bisa Dinikmati di Kawasan Hasanuddin HM

“Karena khususnya di dua gang yang menjadi destinasi kunjungan masyarakat, dapat membuat nyaman untuk dilalui. Di samping, sistem drainase yang berfungsi baik juga akan mengedepankan nilai estetika di kawasan Kota Lama,” kata mantan pejabat Pemprov Kalsel ini.

Yayah menjelaskan terkait rencana pembenahan kawasan Kota Lama juga telah dikoordinasikan dengan paguyuban pedagang. Terutama, para pemilik kafe dan lainnya.

BACA JUGA : Kawasan Jadul Banjarmasin; Hasanuddin HM Bakal Dihiasi Gedung 5 Lantai Milik PWNU Kalsel

“Proyek pembenahan Kota Lama ini akan menelan dana APBD Banjarmasin sebesar Rp 7,8 miliar. Kemungkinan proyek ini akan bisa digarap pada akhir Juni 2023 ini,” imbuh Yayah.(jejakrekam)

Penulis Fery Oktavian
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.