Gol! Anggaran Pembangunan Akses Jalan Bandara Syamsudin Noor di Banjarbaru Dikucurkan Rp 462 Miliar

0

ANGGOTA Badan Anggaran (Banggar) DPR RI dari Fraksi PPP, Syaifullah Tamliha membawa kabar gembira bagi Kalsel untuk kelanjutan pembangunan jalan bagi akses Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarmasin di Banjarbaru.

“ALHAMDULILLAH, perjuangan kita telah berhasil memperoleh anggaran untuk pembangunan jalan akses Bandara Internasional Syamsudin Noor di Banjarbaru sebesar Rp 462 miliar melalui Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 6 Tahun 2023,” ucap Syaifullah Tamliha kepada jejakrekam.com, Sabtu (3/6/2023).

Menurut dia, anggaran besar itu diperoleh dari total Rp 26 triliun bersumber dari APBN yang dimulai pada tahun 2023 ini.

“Diharapkan pembangunan jalan akses ke Bandara Syamsudin Noor bermanfaat untuk melayani masyarakat yang sampai saat ini jalan ke bandara tanpa arah yang jelas,” beber anggota Komisi VII DPR RI ini.

BACA : Lakukan Kunker, Komisi V DPR RI Pastikan Jalan Akses Bandara Syamsudin Noor Tuntas Tahun Ini

Menurut Syaifullah, pembebasan lahan telah diselesaikan oleh Walikota Banjarbaru HM Aditya Mufti Rudy Ariffin termasuk salah satu pertimbangan pengucuran dana dari pemerintah pusat.

Sebelumnya, Komisi V DPR RI mengunjungi Pemprov Kalsel di Banjarbaru pada pertengahan Juni 2022 ditindaklanjuti oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kalsel.

Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPR RI dari Fraksi PPP, Syaifullah Tamliha. (Foto Dokumentasi DPR RI)

———

Saat itu, rombongan komisi yang membidangi infrastruktur, transportasi dan lainnya dipimpin Syaifullah Tamliha ketika menjabat Wakil Ketua Komisi V DPR RI berkunjung ke Kalsel.

BACA JUGA : Sempat Bersengketa, Jalan Menuju Bandara Syamsudin Noor Kini Sudah Mulus

Akses jalan yang dibangun mencapai 2,85 kilometer dengan pengerjaan fisik oleh Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Provinsi Kalsel di bawah Kementerian PUPR.

Jalan ini akan terhubung dari Jalan Lingkar Utara akses Bandara Syamsudin Noor ke jalan baru di Kelurahan Guntung Payung, menuju Jalan A Yani, tidak jauh dari seberang makam Pulau Beruang.

BACA JUGA : Perkuat Usulan Bupati Anang, Komisi V DPR RI Siap Golkan Jalan Tol Banjarmasin-Tabalong-IKN

Sebelumnya, Kepala Dinas PUPR Kalsel Ahmad Solhan menargetkan pembebasan lahan itu rampung pada Juli 2022 lalu yang menjadi program prioritas dari Pemprov Kalsel.

Pembebasan lahan dan pembangunan akses jalan bandara dibagi dalam dua tahap. Tahap pertama dan tahap kedua menghabiskan anggaran berkisar Rp 100 miliar.(jejakrekam)

Penulis Sheilla Farazela
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.