Tanpa Petahana, Ada 2 Komisioner Perempuan, Ini 5 Anggota KPU Kalsel Terpilih Periode 2023-2028

0

USAI melewati proses cukup panjang hingga puncaknya pada uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test), akhirnya KPU RI mengumumkan calon (komisioner) anggota KPU provinsi terpilih periode 2023-2028.

PENGUMUMAN ini dituangkan dalam surat KPU RI bernomor 51/SDM.12-PU/04/2023, tanggal 20 Mei 2023, tentang Calon Anggota KPU Provinsi Terpilih pada 20 Provinsi Periode 2023-2028 yang diteken oleh Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari

Dalam pengumuman itu juga dicantunkan Keputusan KPU Nomor 421 Tahun 2023 tentang Penerapan Calon Anggota KPU Provinsi Terpilih pada 20 Provinsi Periode 2023-2028.

Ada 20 KPU provinsi termasuk Kalimantan Selatan, diumumkan oleh KPU RI dengan nama berdasar abjad. Di antaranya, KPU Bengkulu, Jambi, Sumatera Barat, Kepulauan Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Banten, DKI Jakarta 

Kemudian, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Papua Tengah, Papua Selatan, Papua Pegunungan serta Papua Barat Daya.

BACA : Senin Nanti Diagendakan 5 Komisioner Terpilih KPU Kalsel Segera Diumumkan KPU RI

Para komisioner yang terpilih merupakan calon anggota KPU provinsi  yang mengikuti proses seleksi yang cukup panjang oleh tim seleksi daerah, hingga akhirnya bergulir di Jakarta.

Menariknya, dalam formasi 5 komisioner KPU Kalsel terpilih, dua calon petahana, seperti Edy Ariansyah dan termasuk Nur Kholis Majid, yang sebelum pernah menjabat anggota KPU Kalsel hingga bertugas di Bawaslu Provinsi Kalsel, tidak masuk dalam daftar terpilih.

Mereka yang terpilih adalah Andi Tenri Sompa (akademisi FISIP Universitas Lambung Mangkurat), Arif Mukhyar (Ketua KPU Tanah Laut), M Fahmi Failosofa (anggota Bawaslu Tabalong), Nida Guslaili Rahmadina (Ketua KPU Hulu Sungai Selatan) serta Riza Anshari (anggota KPU Hulu Sungai Utara).

BACA JUGA : 3 Petahana Gugur Di Babak Seleksi Wawancara, Ini 10 Besar Calon Komisioner KPU Kalsel

Sementara, lima nama yang sebelumnya masuk dalam 10 besar, seperti Abdul Hadi (anggota KPU Hulu Sungai Tengah), Fajeri Tamjidillah (Ketua Bawaslu Kabupaten Banjar), Normadina (anggota Bawaslu Kota Banjarbaru), termasuk Edy Ariansyah dan Nur Kholis Majid masuk dalam daftar pengganti antar waktu (PAW).

Menariknya, dalam formasi KPU Kalsel periode 2023-2028 terdapat dua komisioner perempuan. Yakni, Andi Tenri Sompa bersama Nida Guslaili Rahmadina, di samping tiga nama komisioner laki-laki.

BACA JUGA : Masa Komisioner KPU Kalsel Berakhir 24 Mei 2023, Didominasi ULM-UIN Antasari, Ini 5 Timsel Terpilih!

Kepada jejakrekam.com, Minggu (21/5/2023), Andi Tenri Sompa mengaku bersyukur dan berterima kasih atas dukungan sehingga dirinya bisa terpilih mengemban amanat sebagai komisioner KPU Kalsel periode ke depan.

“Saya akan jalankan amanah dengan sebaik- baiknya. Usai nanti dilantik oleh KPU RI, kami akan bekerja dan sesuai tugas pokok dan fungsi (tupoksi). Kami juga berkoordinasi dan konsolidasi dengan kalangan bawah dan atas agar pelaksanaan Pemilu 2024 bisa berjalan dengan baik,” ucap akademisi FISIP ULM Banjarmasin ini.

BACA JUGA : Forum Ambin Demokrasi Sebut Hasil Seleksi Komisioner KPU Kalsel Sarat Calon Bermasalah

Ini 5 Komisioner KPU Kalsel Terpilih Periode 2023-2028

  1. Andi Tenri Sompa (Akademisi FISIP ULM)
  2. Arif Mukhyar (Ketua KPU Tanah Laut)
  3. M Fahmi Failasopa (Anggota Bawaslu Tabalong)
  4. Nida Guslaili Rahmadina (Ketua KPU HSS)
  5. Riza Anshari (Anggota KPU HSU).(jejakrekam)
Penulis Asyikin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.