Paman Birin: Masjid Quwwatul Islam Bukti Harmonisasi Bubuhan Banjar Di Yogyakarta

0

GUBERNUR Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor atau Paman Birin, menyerahkan bantuan hibah senilai Rp 100 juta untuk kelangsungan pembangunan Masjid Quwwatul Islam, Jalan Mataram Nomor 1, Kota Yogyakarta.

KUNJUNGAN Paman Birin ke masjid ini dalam rangkaian menghadiri halal bihalal warga Kalsel yang tergabung dalam Kerukunan Bubuhan Banjar (KBB) di Yogyakarta dan Mahasiswa Kalsel, Sabtu malam (20/05/2023) di The Alana Hotel, Jalan Palagan Tentara 7, Sleman, DIY.

Paman Birin puj meninjau langsung Masjid Quwwatul Islam yang dibangun warga Kalsel di Yogyakarta sejak tahun lalu, sekaligus berdialog dengan pengelola masjid dan warga Banjar lainnya.

Pada kesempatan itu, Paman Birin berpesan agar bubuhan Banjar terus menjaga dan memakmurkan keberadaan masjid berlantai 5 ini, karena Kalsel terkenal dengan masyarakatnya yang agamis.

BACA: Paman Birin Berharap Kiprah Bubuhan Banjar di Yogyakarta Untuk Pembangunan Di Banua

Sebelum meninggalkan tempat itu, Paman Birin yang didampingi beberapa pejabat lingkup Pemprov Kalsel itu, menyempatkan diri membeli kupiah dan sarung di toko bawah masjid.

Pembangunan masjid yang berlangsung tiga tahun lebih itu, menelan biaya tidak kurang Rp 14 Miliar dan lahannya merupakan hibah Pemerintah Provinsi Yogyakarta. Sebelumnya, rumah ibadah ini bernama Langgar Kalimantan yang dibangun sejak 1943, selanjutnya menjadi masjid.

Masjid Quwwatul Islam didesain dengan arsitektur perpaduan Islam dengan corak Kalsel ditambah budaya Yogyakarta.

Corak khas Kalsel nampak pada bangunan masjid bisa dilihat dari bentuk atapnya menyerupai Masjid Sultan Suriansyah di Banjarmasin dan pernak-perniknya. Sementara unsur budaya lokal Yogyakarta terletak pada menara golong giling.

BACA JUGA: Bersama Warga Banjar, Paman Birin Puji Kekompakan Kerukunan Bubuhan Banjar Di Jawa Timur

Paman Birin mengatakan, terjaganya hubungan baik atau harmonisasi warga Banjar dengan pemerintah daerah setempat. “Ini salah satu simbol hubungan erat antara Yogyakarta dengan bubuhan Banjar di daerah ini,” ujar Paman Birin usai melakukan penyerahan dana secara simbolis di acara halal bihalal itu.

Salah satu bukti hubungan baik ini ujarnya, terbangunnya Masjid Quwwatul Islam tepat di tengah Kota Yogyakarta. Sinergitas ini diharapkan Paman Birin terus terjalin erat dan dapat saling memberi manfaat satu sama lainnya.

Paman Birin pun memberikan apresiasi atas dukungan Pemprov DI Yogyakarta yang menghibahkan tanah pemerintah daerah untuk bangunan Masjid Quwwatul Islam ini.

“Atas nama pribadi dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan tentunya saya sangat mengucapkan terima kasih dan merasa bangga terhadap pemerintah provinsi Yogyakarta,” ucap Paman Birin di hadapan bubuhan Banjar.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.