3 Petahana Gugur di Babak Seleksi Wawancara, Ini 10 Besar Calon Komisioner KPU Kalsel

0

TIM Seleksi (Timsel) Calon Anggota KPU Provinsi Kalimantan Selatan periode 2023-2028 mengumumkan 10 nama besar yang akan melaju ke babak berikutnya guna diuji langsung oleh KPU RI di Jakarta.

PENGUMUMAN nama 10 besar ini tertuang dalam surat bernomor 043/TIMSELPROV.GEL.1-Pu/04/63/2023,  tanggal 24 Maret 2023 tentang Penetapan hasil tes kesehatan dan wawancara bakal calon anggota KPU Kalsel periode 2023-2028.

Dalam pengumuman diteken oleh Ketua Timsel Kamrani Buseri bersama sekretarisnya, Muhammad Fauzi Makki ditegaskan penetapan nama-nama yang melaju ke tahapan final ke KPU RI merupakan hasil serangkaian tes yakni kesehatan dan wawancara.

Menariknya, dalam deretan 10 nama yang menyaring 20 nama sebelumnya, justru ada tiga nama calon petahana KPU Kalsel yang gugur. Mereka adalah Koordinator Divisi Penyelenggaraan Pemilu KPU Kalsel Hatmiati Masy’ud, Siswandi Reya’an yang kini jadi Plt Ketua KPU Kalsel serta Nur Zazin (Koordinator Divisi Hukum), tinggal menunggu berakhirnya masa jabatan pada 24 Mei 2023 mendatang.

BACA : Ini 20 Nama Calon KPU Kalsel Lolos Uji Tertulis Dan Psikologi, Didominasi Komisioner KPU Dan Bawaslu

Berbeda dengan Edy Ariansyah melaju ke babak berikutnya guna memperebutkan lima komisioner terpilih dan lima komisioner yang duduk di ‘bangku cadangan’ alias disiapkan jadi pengganti antar waktu (PAW) KPU Kalsel.

Selain itu, sejumlah nama komisioner yang menjabat ketua KPU seperti Zainal Abidin (Ketua KPU Kotabaru), Hegar Wahyu Hidayat (Ketua KPU Banjarbaru), hingga eks Ketua Bawaslu Kalsel, Erna Kasypiah juga tidak masuk dalam daftar 10 besar.

Anggota Timsel Calon Anggota KPU Kalsel, Varinia Pura Damaiyanti mengungkapkan usai menyaring 10 nama besar dari 20 calon komisioner, tahapan berikutnya adalah menyerahkan hasil seleksi di tingkat provinsi ke KPU RI di Jakarta.

BACA JUGA : Masa Komisioner KPU Kalsel Berakhir 24 Mei 2023, Didominasi ULM-UIN Antasari, Ini 5 Timsel Terpilih!

“Saat ini, kami langsung mengantar hasil seleksi di daerah ke KPU RI di Jakarta. Selanjutnya, tugas KPU RI yang akan mewancarai dalam uji kepatutan dan kelayakan bagi 10 nama calon komisioner KPU Kalsel yang lolos, disaring lagi guna mendapatkan lima besar. Mereka ini dinyatakan terpilih sebagai anggota KPU Kalsel periode 2023-2028,” kata Varinia Pura Damaiyanti yang juga akademisi FISIP ULM kepada jejakrekam.com, Jumat (24/3/2023).

BACA JUGA : Forum Ambin Demokrasi Sebut Hasil Seleksi Komisioner KPU Kalsel Sarat Calon Bermasalah

Adapun 10 besar nama calon komisioner KPU Kalsel periode 2023-2028 berdasar abjad sebagai berikut :   

1. Anggota KPU Kabupaten HST; Abdul Hadi

2. Akademisi FISIP ULM; Andi Tenri Sompa

3. Anggota KPU Tanah Laut; Arif Mukhyar

4. Anggota KPU Kalsel; Edy Ariansyah

5. Ketua Bawaslu Banjar; Fajeri Tamzidilah

6. Anggota Bawaslu Tabalong; Fahmi Failasopa

7. Ketua KPU Hulu Sungai Selatan; Nida Guslaili Rahmadina

8. Anggota Bawaslu Banjarbaru; Normadina

9. Anggota Bawaslu Kalsel; Nur Kholis Majid

10.Anggota KPU Hulu Sungau Utara; Riza Anshari.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.