Siapkan Dana Ratusan Juta, Dishub Banjarmasin Segera Ganti Rambu Lalu Lintas yang Rusak

0

DINAS Perhubungan (Dishub) Kota Banjarmasin memastikan akan segera mengganti rambu-rambu lalu lintas yang kini kebanyakan sudah rusak, bahkan merusak pemandangan.

KONDISI ini terlihat di sejumlah ruas jalan, terutama di dalam kota yang jadi domain dari Pemkot Banjarmasin.

“Kami memerhatikan atensi masyarakat yang terus melaporkan banyaknya rambu lalu lintas yangrusak. Ini tentu bagi kami luar biasa dari laporan masyarakat, sehingga akan segera ditindaklanjuti di lapangan,” ucap Kepala Dishub Kota Banjarmasin, Slamet Begjo kepada awak media, Senin (15/5/2023).

Menurut dia, pembaruan rambu-rambu lalu lintas, terutama di jalan-jalan protokol serta jalan yang padat lalu lintas harus segera dilaksanakan pihaknya.

“Ada beberapa rambu lalu lintas itu dirusak oleh oknum warga tak bertanggung jawab. Ada pula yang rusak karena faktor usia,” ucap Slamet.

BACA : Masih Banyak Titik Parkir Yang Bermain Tarif, Dishub Banjarmasin Lakukan Penindakan

Dia mencontohkan rambu berisi larangan kebanyakan dirusak oleh tangan jahil. Ada pula yang sengaja dipatahkan, sehingga sangat riskan bagi pengguna jalan. Sebagian lagi, Slamet menyebut ada pula cat rambu lalu lintas itu mulai memudar.

“Tak hanya di jalan-jalan pusat kota, kami juga akan memperbaiki rambu lalu lintas yang ada di pinggiran kota. Terutama karena ada permintaan warga menyangkut soal keselamatan pengguna jalan khususnya di persimpangan jalan,” ujar Slamet.

BACA JUGA : Terapkan e-Parking, Sudah Saatnya Dishub Banjarmasin Punya Gedung Parkir

Dia menyebut untuk anggaran penggantian rambu jalan itu sudah disiapkan dana ratusan juta berasal dari APBD Banjarmasin tahun 2023.

“Walau tak ada anggaran khusus, untuk pembaruan rambu lalu lintas itu masuk dalam alokasi anggaran manajemen dan rekayasa lalu lintas. Kami utamakan untuk rambu larangan, petunjuk arah serta rambu pemberitahuan,” pungkas Slamet.(jejakrekam)

Penulis Ferry Oktavian
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.