Terapkan e-Parking, Sudah Saatnya Dishub Banjarmasin Punya Gedung Parkir

0

KETUA Komisi III DPRD Kota Banjarmasin Muhammad Isnaini mendesak agar potensi pajak parkir, retribusi parkir hingga uji petik yang ditangani Dinas Perhubungan (Dishub) Banjarmasin bisa dioptimalkan lagi.

TAHUN 2022, Dishub Kota Banjarmasin merencanakan untuk menambah fasilitas di Gedung  UPT Pengujian Kendaraan Bermotor di Jalan Gubernur Soebardjo, Lingkar Selatan, Banjarmasin.

“Dengan keterbatasan anggaran, tahun ini memang direncanakan hanya membangun pondasi untuk gedung uji petik yang melayani uji kir dan lainnya bagi kendaraan bermotor di Banjarmasin,” ucap Isnaini kepada jejakrekam.com, usai memimpin rapat dengar pendapat dengan Plt Kepala Dishub Kota Banjarmasin, Slamet Bedjo dan jajarannya, Jumat (25/2/2022).

Menurut Isnaini, selama ini, pengelolaan pajak parkir dan retribusi parkir termasuk uji petik seperti kir menyangkut kelayakan kendaraan bermotor di jalan raya, masih terbatas. Akibat minimnya fasilitas di gedung uji petik tersebut.

BACA : Gedung Tjung Hua Tjung Hui Lenyap, Rencana Gedung Parkir 6 Lantai di Atas Kertas

“Tentu saja, kami mendukung program kerja Dishub Banjarmasin. Bahkan, kami juga mendukung untuk menganggarkan dana tambahan dalam APBD Perubahan 2022 dan APBD 2023 mendatang. Dengan catatan, potensi pendapatan asli daerah (PAD) dari Dishub Banjarmasin juga bisa digenjot,” cetus legislator Gerindra.

Begitupula, Isnaini meminta penerapan e-parking tak hanya di Jalan Jafri Zamzam, Teluk Dalam. Tapi juga harus bisa diberlakukan di titik-titik jalan lainnya seperti kawasan Pasar Sudimampir.

BACA JUGA : DPRD Tuding Pemkot Banjarmasin Sengaja Biarkan Bangunan Gedung Parkir Tak Ber-IMB

“Penerapan e-parking juga bisa dibarengkan dengan pengenaan pajak progresif. Jadi durasi parkir kendaraan bermotor di bahu jalan serta kawasan khusus parkir bisa dibatasi, karena jika terlampau lama dan tidak diatur, bisa mengakibatkan kemacetan,” beber Isnaini.

Dia mengakui potensi pajak parkir, retribusi parkir serta pendapatan lainnya bisa dimaksimalkan oleh Dishub Banjarmasin. Ini karena, pertumbuhan volume kendaraan bermotor di Banjarmasin tergolong cukup tinggi.

BACA JUGA : Uji Coba di Jafri Zamzam, Dishub Banjarmasin : Berhasil, Parkir Tepi Jalan Diterapkan e-Parking

“Kami juga mendesak rencana pembangunan gedung parkir di Jalan Pangeran Samudera bekas Gedung Tjung Hua Tjung Hui itu bisa direalisasikan. Memang di kawasan itu sudah sangat layak dibangun gedung parkir, daripada nanti menggunakan bahu jalan,” katanya.

Dengan adanya gedung parkir, Isnaini hakkul yakin persoalan kemacetan di kawasan Jalan Pangeran Samudera bisa teratasi. “Silakan nanti Dishub Banjarmasin mengajukan rencana pembangunan gedung parkir. Jika layak dari kajian, tentu dewan mendukung penuh,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Rahim Arza
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.