Sederet Acara Meriahkan Puncak Harjad Kota Banjarbaru di Lapangan Murdjani, Ada Bazaar Hingga Job Fair

0

PEMERINTAH Kota Banjarbaru menggelar Puncak Peringatan Hari Jadi Kota Banjarbaru ke-24 di Lapangan Dr Murdjani, Selasa (9/5/2023).

DALAM perhelatan hari jadi tersebut, beberapa rangkaian kegiatan turut digelar mulai dari Expo Pendidikan 2023 sekaligus memperingati Hari Pendidikan 2023, Bazar, pusat kuliner, job fair, pagelaran wayang kulit, dan konser musik hiburan.

Walikota Banjarbaru HM Aditya Mufti Ariffin menyampaikan di Hari Jadi Banjarbaru ke-24 tahun tersebut menjadi penyemangat dalam berinovasi untuk hadirkan pembangunan daerah menjadi Ibu Kota Provinsi Kalimantan Selatan yang Maju Agamis dan Sejahtera.

BACA : Piala Adipura 2022 Diarak Ke Publik, Walikota Banjarbaru Janji Hijaukan Ibukota Provinsi Kalsel

“Pada Bulan Mei tahun ini juga dicanangkan menjadi Bulan Merdeka Belajar. Yang bermakna dan segenap kompenen pendidikan bersama-sama bergerak dalam memulihkan pembelajaran demi mewujudkan Merdeka Belajar,” ucap orang nomor satu di Banjarbaru.

Aditya bilang, sejalan dengan pemikiran Ki Hajar Dewantara yang menegaskan bahwa pendidikan adalah serangkaian proses untuk memanusiakan manusia, Kurikulum Merdeka Belajar merupakan satu kebijakan yang sudah diterapkan di Kota Banjarbaru.

“Oleh karenanya pendidikan perlu didasarkan pada asas Kemerdekaan, yang mana tujuan merdeka belajar tiada lain untuk memberikan kesempatan yang lebih luas bagi siswa, dalam mengskplorasi minat dan bakat masing-masing sehingga dapat memilih jalur pendidikan yang sesuai dan diharapkan dapat menumbuhkan semangat belajar,” jelasnya.

Aditya juga mengatakan, di Hari Jadi Banjarbaru ke-24 tahun ini dirinya meminta untuk sinergikan kebersamaan menuju Banjarbaru yang Maju, Agamis dan Sejahtera sesuai dengan tema pada Hari Jadi Kota Banjarbaru yang ke-24.

BACA JUGA : Sandang Status Ibukota Kalsel dan Penyangga IKN, Raperda RTRW Banjarbaru Disesuaikan

“Tema ini sejalan dengan motivasi kita semua untuk kembali bangkit dan berbenah pasca pandemi, sekaligus juga menjadi sebagai penyemangat kita semua untuk membangun Kota Banjarbaru menjadi IKP dengan segala potensi yang ada, sehingga memiliki keunggulan yang kompetitif,” terangnya.

Adapun dalam perayaan Hari Jadi Banjarbaru tersebut, Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor yang turut berhadir menyampaikan atas nama pemerintah provinsi Kalimantan Selatan dan seluruh rakyat Kalimantan Selatan mengucapkan Selamat Hari Jadi Kota Banjarbaru yang ke-24.

“Selamat Hari Jadi Kota Banjarbaru yang ke-24 tahun 2023. Di momen yang berharga ini kita harus terus bergerak, dalam arti harfiah dalam bahasa banjar yang sederhana sering saya artikan ‘jangan pengoler’ atau jangan malas untuk pembangunan yang lebih baik,” pungkasnya.

Diketahui, pelepasan balon berwarna biru dan kembang api mewarnai langit biru. Asap warna warni memberikan nuansa meriah Harjad Kota Banjarbaru ke-24 tahun.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Dr Iwan Syahril.(jejakrekam)

Penulis Sheilla Farazela
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.