Pertama di Kalsel, KPU Kotabaru Gelar Pleno Rekapitulasi Suara

0

KPU Kotabaru menggelar rekapitulasi dan penghitungan suara hasil Pemilu 2024 di Gedung Paris Barantai Kotabaru, Senin (27/2/2024).

STAF ahli Bupati Kotabaru, Zainal Arifin menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh penyelenggara Pemilu 2024

“Pemkab Kotabaru memberikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah mensukseskan hajatan pesta demokrasi ini sehingga Pemilu Serentak Tahun 2024 di Kotabaru berjalan aman dan tertib,” ujarnya.

BACA : Lakukan Pantauan Di Sejumlah TPS, Kapolres Kotabaru : Pemilu Berjalan Aman Dan Lancar

Ia juga menambahkan, tahapan demi tahapan pemilu di Kotabaru telah dilalui bersama dengan aman, damai, sejuk dan lancar. Dan tahapan rapat pleno penghitungan hasil suara hari ini tentunya jadi moment yang ditunggu semua pihak.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kotabaru, Rony Safriansyah juga memberikan apresiasi kepada peserta rapat terutama KPU Kotabaru yang menjadi pelaksana pertama sekaligus tercepat dalam penghitungan suara Pemilu 2024 se-Kalsel.

“KPU Kotabaru adalah yang tercepat di Kalsel melakukan tahapan rekapitulasi perhitungan di kecamatan dengan hasil yang terbaik, hingga terlaksananya tahapan puncak atau rapat pleno dari pemilu di Kotabaru,” ucapnya.

BACA JUGA : Gunakan Hak Suara, Bupati Kotabaru Coblos Di TPS 01

Ia mengatakan, pelaksanaan rapat pleno tingkat kabupaten sendiri belum berakhir karena masih ada tahapan selanjutnya ditingkat provinsi dan nasional.

“Satu lagi tahapan yang dilakukan pimpinan partai politik agar segera dan wajib melaporkan dana kampanye karena kalau tidak dilaporkan maka akan ada sanksi yang diterima,” ucapnya.

Ia menambahkan, Bawaslu bersama saksi akan terus mengawal proses rekapitulasi yang akan berlangsung selama 5 hari di Gedung Paris Barantai ini dan apapun hasil akhirnya kepada para caleg baik DPRD kabupaten, provinsi, pusat serta Presiden dan Wakil Presiden semoga hasil ini menjadikan Kotabaru lebih maju lagi.

Sedangkan Andi Muhammad Saidi, Ketua KPU Kotabaru menuturkan bahwa KPU sudah melaksanakan tahapan demi tahapan dari proses pelaksanaan pemilu.

BACA LAGI :  Ada Sembako Hingga Hibah, Bupati Kotabaru Serahkan Bantuan Untuk 2 Kecamatan

“Alhamdulillah KPU Kotabaru sudah melaksanakan semua tahapan Pemilu berdasarkan peraturan perundangan-undangan yang berlaku. Mulai dari pemuktahiran data pemilu, melakukan verifikasi partai politik, melakukan verifikasi faktual kesehatan partai politik, melaksanakan pemungutan dan rekapitulasi tingkat kecamatan” tuturnya

Ia menyebut semua dapat terlaksana berkat dukungan dari pemerintah daerah serta pengamanan dari TNI dan Polri terutama pada hari pemungutan suara 14 Februari lalu.

“Kami mengapresiasi yang setinggi-tingginya kepada KPPS, PPS, PPK yang sudah menjalankan tugas dalam pesta demokrasi 2024,” jelas Saidi.(jejakrekam)

Penulis Jumanty Liani
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.