Ada 8 Lomba Dihelat, DKD-Pemkab HSS Gelar Festival Kemilau Ramadhan di Malam Salikur

0

DEWAN Kesenian Daerah (DKD) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) menghelat Festival Kemilau Ramadhan tahun 2023 bekerja sama dengan Pemkab HSS.

SEJAK dibuka, pendaftaran peserta Kemilau Ramadhan ini mendapat antusiasme dari warga HSS. Terbukti, sejak dibuka pada 27 Maret 2023, sudah ada ratusan pendaftar.

“Kegiatan Kemilau Ramadhan ini untuk memeriahkan bulan puasa tahun ini. Ada 8 lomba yang akan digelar, hingga Sabtu (1/4/2023) sudah ada 108 pendaftar yang masuk ke panitia,” ucap Ketua DKD Kabupaten HSS, Muhammad Riduan kepada awak media di Kandangan, Minggu (2/4/2023).

Menurut dia, 8 lomba yang dihelat dalam Kemilau Ramadhan 1444 Hijriyah/2023 yakni bagarakan sahur terdapat ada 10 pendaftar. Kemudian 11 pendaftar untuk lomba tanglong, 19 pendaftar lomba fotografi, fashion show (26 pendaftar), azan (27 pendaftar), akustik (4 pendaftar) dan lagu religi (11 pendaftar).

BACA : Sempat Vakum Cukup Lama, Dewan Kesenian Kabupaten HSS Kini Dinakhodai Muhammad Riduan

Data ini didapat berdasar hasil rapat Panitia Festival Kemilau Ramadhan 1444 H di Aula Sehati Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) HSS, Sabtu (1/4/2023) malam.

“Kami yakin pendaftar Festival Kemilau Ramadhan ini akan terus bertambah seiring berakhirnya masa pendaftaran pada 5 April 2023 nanti,” ucap Riduan yang akrab disapa Edo Singakarsa ini.

BACA JUGA : Atraksi Tari Japin Melayu Banjar di Perpisahan Siswa SDN Baluti 3 Kandangan

Dia menjelaskan sebelum masa pendaftaran Festival Kemilau Ramadhan, DKD Kabupaten HSS akan melakukan technical meeting bersama para peserta lomba. “Technical meetingnya di Aula Museum Rakyat pada jam 9 pagi,” kata Edo.

Dia menjelaskan lagi, Festival Kemilau Ramadhan akan digelar pada 11 April 2023 bertepatan dengan malam 21 Ramadhan (Malam Salikur) berpusat di Lapangan Lambung Mangkurat, Kandangan. “Malam pembukaan direncanakan langsung dibuka oleh Bupati HSS Achmad Fikry,” kata Edo.

BACA JUGA : Sepanjang Tahun 2023 Diisi 42 Event, Forkot Banjarmasin Sebut Kesan Kuat Berfoya-Foya dengan APBD

Sementara itu, Muhammad yang mendaftar lomba lagu religi pada gelaran Festival Kemilau Ramadhan ini mengaku ingin menyalurkan hobi sekaligusnya memeriahkan bulan puasa. “Saya suka menyanyikan lagu religi. Semoga nanti saya dapat bersaing dengan peserta lainnya dalam Festival Kemilau Ramadhan kali ini,” kata Muhammad.(jejakrekam)

Penulis Iwan Sanusi
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.