Paman Yani Optimis Kotabaru Bisa Jadi Penyangga IKN

0

HARI kedua menjaring aspirasi masyarakat di Kotabaru, Wakil Ketua Komisi II DPRD Kalsel Muhammad Yani Helmi, semakin mantap ingin jadikan ‘Bumi Saijaan’ sebagai penyangga Ibu Kota Negara Nusantara.

“TENTU saja daerah kita ini adalah penyangga IKN, nah kita inginkan pertanian di Kotabaru dan Tanah Bumbu lebih maju dari hari ini. Jadi bukan hanya untuk kita lokal tetapi juga untuk IKN,” kata Yani Helmi, usai reses di titik ke delapan, Desa Teluk Mesjid, Kecamatan Pulau Laut Timur, Kotabaru, Rabu (24/1/2024).

Tinggal bagaimana masyarakat setempat mengatur serta mengelola pertanian, perikanan dan perkebunan. Ditambah dukungan dari pemerintah kabupaten dan provinsi.

BACA : Keluhan Petani Karet Tanbu, Dapat Respon Nyata Dari Paman Yani Saat Reses

“Hasilnya ekonomi masyarakat akan lebih menggeliat dan kebutuhan mereka juga akan tercukupi,” tutur Paman Yani (sapaan akrab).

Kotabaru merupakan daerah kepulauan dengan kekayaan laut yang bisa menopang kesejahteraan ekonomi nelayan.

Namun, menurut Paman Yani, ketersediaan es batu di Kotabaru hanya mampu mencakup 20 persen dari kebutuhan nelayan.

BACA JUGA : IKN Pindah Ke Kalimantan, Paman Yani Minta Masyarakat Dayak Siap Sambut Pendatang

“Ini yang sering dikeluhkan. Hasil tangkapan nelayan jadi tidak bisa bertahan lama. Akibatnya ikan yang dijual tidak dalam keadaan segar dan harganyapun jauh merosot,” terang Paman Yani.

Di samping itu, Legislator Daerah Pemilihan (Dapil) Kabupaten Tanah Bumbu dan Kotabaru tersebut menilai, Kotabaru yang diselimuti oleh pesisir pantai memiliki potensi pariwisata bernilai tinggi.

Bahkan, lanjut Paman Yani, kemungkinan besar banyak investor akan mengincar lahan di Kotabaru karena akan menjadi Bali-nya Indonesia bagian tengah.

“Sebabnya periode Gubernur Sahbirin Noor membangun jembatan untuk mendukung Kotabaru semakin maju. Saya lihat Bupati juga sangat serius dalam memaksimalkan potensi pariwisata disini. Terbukti dengan didirikannya sejumlah fasilitas dan sarana prasarana pendukung di beberapa wisata khususnya pantai,” pungkas Paman Yani.(jejakrekam)

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.