Sempat Vakum Cukup Lama, Dewan Kesenian Kabupaten HSS Kini Dinakhodai Muhammad Riduan

0

SEMPAT vakum satu periode atau cukup terbilang lama, akhirnya para seniman dan budayawan yang tergabung lewat sanggar memutuskan memilih Muhammad Riduan sebagai Ketua Dewan Kesenian Daerah (DKD) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) periode 2023-2027.

MUHAMMAD Riduan terpilih usai melewati proses sidang pleno menggodok anggaran dasar/anggaran rumah tangga (AD/ART) dan pemungutan suara dalam Musyawarah Seniman (Musen) Kabupaten HSS tahun 2023 di Aula Sehati Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud)HSS, Kandangan, Minggu (26/02/2023).

Riduan menyabet suara terbanyak peserta Musen Kabupaten HSS, setelah dua rivalnya; Dedy Wahyuni dan Aditia Besti, terpaut cukup jauh dalam voting peserta. Musen Kabupaten HSS berlangsung cukup demokratis. Ini setelah perwakilan para seniman dan budayawan lewat sanggar-sanggar yang ada di kabupaten itu, menyepakati hasil sidang pleno.

BACA : Lestarikan Seni Tradisi ‘Pahuluan’, Karasmin Banua Meriahkan Lapangan Lambung Mangkurat

Ajang Musen Dewan Kesenian ini juga dihadiri perwakilan Komisi I DPRD HSS, Yus Fery dan Yuniati Ibrahim, Kepala Bidang Kebudayaan Disdikbud HSS Hj Erna Yulian dan Sekretaris DKD periode sebelumnya, M Zakir Maulidi hingga tokoh seniman dan budayawan Banjar ‘Pahuluan’ di kabupaten tersebut.

Ketua Pelaksana Musen Dewan Kesenian Kabupaten HSS, Iwan Sanusi mengungkapkan dalam rumusan musyawarah ini juga direkomendasikan agar dibentuk kembali DKH demi memajukan dunia seni dan budaya daerah.

“Hal ini sesuai arahan dari Bupati HSS (H Achmad Fikry) beberapa waktu lalu yang menginginkan dihidupkan kembali Dewan Kesenian Daerah,” kata Iwan Sanusi.

BACA JUGA : Mulai Dilupakan, Guru Kesenian SMP di HSS Diajarkan Seni Mamanda Tubau

Senada itu, Kepala Bidang Kebudayaan Disdikbud Kabupaten HSS, Hj Erni Yulia berharap lewat musyawarah seniman dan terbentuknya kembali kepengurusan DKD bisa berdampak positif bagi para pelaku dan pencinta seni dan budaya di daerah.

Usai terpilih secara sah dalam sidang pleno Musen Kabupaten HSS, Muhammad Riduan menyatakan siap menjalankan amanah yang dipercayakan forum.

BACA JUGA : Tanpa Dana Insentif bagi Pelaku Seni, Suguhan Kompas Budaya HSS Tetap Variatif

“Saya siap menjalankan roda organisasi dengan mengutamakan musyawarah serta selalu berkoordinasi dengan para pengurus DKD Kabupaten HSS. Terkhusus lagi, para Dewan Penasihat Dewan Kesenian Kabupaten HSS,” pungkas Edo, sapaan akrab Riduan.(jejakrekam)

Pencarian populer:kompas budaya aula sehati,https://jejakrekam com/2023/02/26/sempat-vakum-cukup-lama-dewan-kesenian-kabupaten-hss-kini-dinakhodai-muhammad-riduan/
Penulis Iwan Sanusi
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.