Forum Ambin Demokrasi Ditantang Sebut Nama Calon Komisioner KPU Kalsel Bermasalah

0

AKADEMISI Universitas Lambung Mangkurat (ULM), Setia Budhi mengusulkan agar para pegiat demokrasi tergabung dalam Forum Ambin Demokrasi bisa sebut nama calon komisioner KPU Kalsel ditengarai bermasalah.

“SAYA usul agar para pegiat Forum Ambin Demokrasi bisa sebut nama, siapa saja calon komisioner (KPU Kalsel) yang bermasalah. Jadi, publik atau masyarakat bisa berhati-hati  dan tidak memilih yang bersangkutan,” ucap Setia Budhi kepada jejakrekam.com, Sabtu (17/3/2023).

Menurut Ketua Program Studi Sosiologi FISIP ULM ini, jika sinyal yang disampaikan Forum Ambin Demokrasi itu benar, maka hal itu menjadi pertanda atau kabar buruk bagi supremasi demokrasi di Banua.

BACA : Forum Ambin Demokrasi Sebut Hasil Seleksi Komisioner KPU Kalsel Sarat Calon Bermasalah

“Hal ini terkait dengan transparansi dan kualitas demokrasi di daerah ini yang sedang kita bangun bersama. Jika calon komisioner yang dari awal sudah bermasalah. tentu bukan saja menjadi tanggung jawab terhadap masa depan Banua, tetapi boleh malah menjadi beban bagi masyarakat,” beber Setia Budhi.

Doktor lulusan Universiti Kebangsaan Malaysia ini mengatakan semua biaya selekesi para calon komisioner KPU Kalsel periode 2023-2028 itu berasal dari uang rakyat.

“Duit publik dan wajar jika publik terus menjaga memantau dan mengeritisi calon-calon yang bermasalah,” kata Setia Budhi.

BACA JUGA : Dari Rekrutmen Timsel Tidak Transparan Bisa Menghasilkan Komisioner KPU Tak Berkompeten

Menurut dia, dari awal seleksi calon komisioner yang akan bekerja jadi penyelenggara pemilu di KPU, sepatutnya lebih baik dan bagus. “Sebab, posisi penyelenggara pemilu itu adalah bagian dari hulu permasalahan demokrasi,” tegas Setia Budhi.

Senada itu, Ketua DPD Generasi Muda Peduli Tanah Air (Gempita) Kalsel, Syamsul Ma’arif mengatakan sepatutnya KPU sebagai lembaga legalitas atau mengesahkan sebuah hasil pemilu itu harus lahir dari hasil yang jujur dan adil.

“Jadi jangan ikutan menentukan hasil, apalagi calon komisioner KPU itu merupakan hasil pesanan atau orderan pihak tertentu. Jelas, jika sudah terseret kepentingan politik tertentu akan merusak tatanan yang baik,” ucap Achoel, sapaan aktivis senior LSM dan mahasiswa ini.

BACA JUGA : Ini 20 Nama Calon KPU Kalsel Lolos Uji Tertulis Dan Psikologi, Didominasi Komisioner KPU Dan Bawaslu

Dia mendesak agar Bawaslu RI dan Bawaslu Kalsel bisa segera bergerak untuk menelisik hasil seleksi dari timsel dalam menentukan calon anggota KP Kalsel ke depan, dengan adanya pernyataan terbuka dari Forum Ambin Demokrasi.

“Jangan sampai lembaga pengawas malah ikut berkonspirasi, maka makin buruk wajah demokrasi Kalsel,” imbuh Achoel.(jejakrekam)

Penulis Iman Satria
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.