Sekda Berikan Paparan P4GN untuk Perusahaan Batola

0

SEKRETARIS Daerah (Sekda) Kabupaten Barito Kuala (Batola) Ir. H. Zulkipli Yadi Noor, M. Sc memberikan paparan materi dalam acara Konsolidasi Kota Dalam Tanggap Ancaman Narkoba Pada Sektor Narkoba.

KEGIATAN digelar Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Batola di Pawon Tlogo Kecamatan Alalak, Rabu (15/3/2023). 

Disambut langsung Kepala BNNK Batola Agus Wijanarko, acara dihadiri perwakilan BUMD, BUMN, perusahaan terkait di Batola, Sekretaris Diskominfo Ikhwan Hakim, serta perwakilan SKPD lainnya.

BACA JUGA: Batola Serahkan LKPD 2022 di Kantor Perwakilan BPK Provinsi Kalsel

Sekda memaparkan pemberantasan narkoba terbaik adalah dengan pencegahan.

“Batola telah selaras dengan program BNN terkait pencegahan termasuk penyisihan APBD untuk pelaksanaan tes urine di sekolah-sekolah maupun instansi. Tentu kita dukung, apalagi sekedar untuk tes urine, kecila saja, sudah kita sisihkan di APBD,” ucap mantan Kepala Bapelitbang Batola ini. 

Sebab, sambungnya, konsolidasi semacam ini menjadi sangat penting untuk dilakukan untuk mensosialisasikan kebijakan serta variabel yang menjadi indikator Kota Tanggal Ancaman Narkoba (KOTAN). 

BACA JUGA: Masuk ASO Wilayah Kalsel 1, 3.591 STB Dibagikan di 17 Kecamatan di Batola

“Sehingga masyarakat mendapatkan rasa aman dari bahaya penyalahgunaan narkoba, ” tambahnya. 

Selaras dengan Inpres Nomor 2 Tahun 2020 tentang Rencana Aksi Nasional (RAN) Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN).

“Telah diinstruksikan seluruh Kementrian/Lembaga dan seluruh pemangku kepentingan untuk melaksanakan dan bersatu padi dalam program aksi P4GN,” tuturnya. 

BACA JUGA: Tersisa Dana Hibah Pemda Rp 600 Juta, KONI Batola Godok RKA 2023 Bersama Pengurus Cabor

Kepala BNNK Batola Agus Wijanarko mengakui, saat ini BNNK telah sangat sadar tentang kemajuan dunia digital. BNN miliki Sistem Pelaporan Relawan (SiPAREL) milik Direktorat Informasi dan Edukasi Badan Narkotika Nasional. 

“Jadi sekarang kalau mau lakukan pengaduan tapi takut, langsung saja melalui aplikasi ini, ” jelasnya. 

Penandatanganan kerjasama antara BNNK Batola dengan SMKN 2 Marabahan pun dilakukan terkait pelaksanaan P4GN di lingkungan sekolah.

BACA JUGA: Arak Piala Adipura di Marabahan, Pj Bupati Batola Janjikan Segera Bangun Tugu Adipura

Hj. Indah Yuliana Rustam, SH, MH dari dinas Koperindag Batola terkait partisipasi dunia usaha dalam mendukung program P4GN, juga memberikan paparan dalam kegiatan tersebut. (jejakrekam) 

Penulis Asyikin/Diskominfo
Editor Afdi Achmad

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.