Masuk ASO Wilayah Kalsel 1, 3.591 STB Dibagikan di 17 Kecamatan di Batola

0

KABUPATEN Barito Kuala (Batola) masuk dalam wilayah Kalsel 1 bersama Kota Banjarmasin, Banjarbaru, Tanah Laut dan Kabupaten Banjar yang akan menerapkan analog switch off (ASO) pada 20 Maret 2023 nanti.

PENGHENTIAN siaran televisi analog yang akan bermigrasi ke siaran televisi digital itu ditandai dengan pembagian atau distribusi alat penangkap siaran televise digital berupa set up box (STB).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Batola, Heri Sasmita menjelaskan dengan penerapan ASO, maka kualitas siaran televisi beralih ke digital, sehingga bisa meningkatkan kualitas, pemerataan layanan siaran, dan menumbuhkan kembangkan kreativitas masyarakat guna mengisi layanan televisi di daerah.

Dia menjelaskan ada beberapa langkah dari Kemenkomnfo dalam menyukseskan ASO di Indonesia. Di antaranya membangun infrastruktur utama penyiaran digital (multiflexing) atau peralihan penyiaran digital diawali dengan siaran simulcast (siaran digital tanpa mengakhiri siaran analog).

BACA : Siap-Siap, Siaran TV Analog Di Banjarmasin Dan Sekitarnya Berhenti Tayang Pada 20 Maret 2023

“Dengan pemenuhan perangkat televisi berupa STB bagi masyarakat yang menonton dapat siaran televisi menjadi jernih,” ucap Hery Sasmita dalam keterangannya, Kamis (16/3/2023).

Dia mengungkapkan saat ini masyarakat Batola telah mendapat 3.591 unit STB terbagi di 17 kecamatan. Rinciannya, telah distribusikan Pemkab Batola sebanyak 2.790 unit STB atau 77,69 persen. Sisanya, atau yang gagal diserahkan ke masyarakat sejumlah 801 STB

“Jika sampai tanggal 20 Maret 2023 nanti masih ada gagal yang diserahkan, maka Pemkab Batola melalui Diskominfo mengusulkan penerima pengganti dari data program keluarga harapan (PKH) yang ada di Dinas Sosial,” beber Hery.

BACA JUGA : Harga STB Melambung, Seiring Meningkatnya Permintaan Dan Berhentinya Siaran Analog

Dia menjelaskan untuk yang gagal diserahkan STB, ketika terjadi penerima tidak memiliki televisi, tidak ada listrik, tidak mendapat jaringan, meninggal dunia, pindah alamat, dan atau ahli waris tidak ditemukan lagi.

Untuk itu, tim Kemenkominfo telah monitoring dan evaluasi (monev) ke Barito Kuala pada 15 Maret 2023 dengan uji petik di Kecamatan Marabahan.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.