Pamerkan 33 Lukisan, Sandi Firly Ingin Donasikan Sebagian Hasil Penjualan bagi Remaja Putri Putus Sekolah

0

RUANG-ruang kosong di Rumah Alam Sungai Andai, Banjarmasin milik Noorhalis Majid kini dipenuhi 33 lukisan karya Sandi Firly dalam pameran karyanya bertajuk Respect selama 5 hari.

PAMERAN tunggal ini dibuka oleh Sekda Kota Banjarmasin Ikhsan Budiman didampingi Ketua Dewan Kesenian Kota Banjarmasin Hajriansyah serta Direktur Lembaga Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan (LK3), Abdani Solihin di Rumah Alam Sungai Andai, Selasa (14/3/2023).

Sang pelukis, Sandi Firly mengungkapkan hasil penjualan dari puluhan lukisan karya ini sebagian akan didonasikan untuk beasiswa pelatihan keterampilan bagi remaja putri yang putus sekolah.

“Ada 33 lukisan yang dipamerkan di Rumah Alam Sungai Andai demi meramaikan geliat seni rupa di Kalsel khususnya di Banjarmasin dan Banjarbaru,” ucap Sandi Firly kepada awak media.

BACA : Dua Lukisan Karya Hajriansyah Berjudul Pejalan Tua dan Intim Berdua Dibeli Sekum HIPMI Kalsel

Dia bercerita karya lukisnya dihasilkan saat pandemi Covid-19, ketika semua lini terdampak bahkan harus tiarap termasuk para pelaku seni dan industri kreatif.

“Waktu pandemi Covid-19, saya jarang ke luar rumah sehingga banyak melukis. Awalnya lukisan digital lewat handphone, selanjutnya mencoa ke kanvas,” kata penulis buku prosa dan puisi ini.

Sandi yang juga wartawan senior ini mengungkapkan dengan adanya pameran itu bisa menginspirasi pelaku seni rupa, khususnya para pelukis untuk tetap menggeluti dunia dengan karya serta tetap kreatif dalam berinovasi. Hal ini berkelindan untuk bisa menjadi sumber ekonomi atau pendapat bagi para pelaku industri kreatif.

BACA JUGA : Sarat Pesan Moral, Sang Ratu pun Malu, Lukisan Paman Birin dalam Sketsa Negatif Film

Usai membuka pameran tunggal bertajuk Respect yang berlangsung pada 14-19 Maret 2023, Sekda Kota Banjarmasin, Ikhsan Budiman tampak tertarik dengan lukisan karya Sandi Firly.

“Sandi Filry ini merupakan penulis sekaligus jurnalis senior. Saya mewakili Walikota Banjarmasin membuka pameran lukisan ini,” ucap Ikhsan.

Sebagai penikmat seni, Ikhsan mengaku sangat tertarik dengan goresan kuas dan cat di atas kanvas karya Sandi Firly yang kuat dengan perpaduan warna.

BACA JUGA : Diawali Walikota Ibnu Sina, Para Kolektor Lukisan Dinanti di Sangar Seni Solihin Taman Budaya

“Warna lukisannya sangat kuat. Saya juga tidak menduga jika seorang Sandi Firly yang selama dikenal sebagai pegiat media massa dan penulis ini, ternyata juga pandai melukis. Warna dan temanya begitu menarik, apalagi hasil penjualan lukisan ini juga didonasikan untuk aksi sosial,” puji Sekda Banjarmasin ini.

Mantan pejabat Pemkab Tanah Bumbu ini mengaku tertarik dengan lukisan Sandi Firly bertema Menara Pandang dan Jukung Tambangan.(jejakrekam)

Penulis Ferry Oktavian
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.