Banjarmasin Siap Terapkan ASO pada 20 Maret Nanti, Asal STB Sudah Distribusikan ke Warga

0

PERSIAPAN penghentian siaran televisi (TV) analog atau analog switch off (ASO) pada 20 Maret 2023 nanti terus dimatangkan. Ini karena, pemberlakuan ASO selanjutnya migrasi siaran ke TV digital dengan penyediaan alat penangkap set top box (STB).

HAL itu terungkap dalam rapat koordinasi teknis persiapan ASO dan distribusi STB di Hotel Galaxy, Banjarmasin, Selasa (14/3/2023).

Rakor ini dipimpin Direktur Penyiaran Ditjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kemenkominfo RI, Geryantika Kurnia didampingi Plt Asisten Bidang Administrasi Umum Setdaprov Kalsel, Subhan Noor Yaumil. Hadir pula, perwakilan Dirjen Perdagangan Dalam Negeri, Septo Soepriyanto, Staf Khusus Menteri Komunikasi dan Informatika, Rosarita Niken Widiastuti dan sejumlah lembaga penyiaran baik lokal maupun nasional.

Kepala Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik (Diskominfotik) Kota Banjarmasin, Windiasti Kartika menjelaskan Banjarmasin sudah mempersiapkan semuanya terkait program ASO maupun distribusi STB.

BACA : Siap-Siap, Siaran TV Analog Di Banjarmasin Dan Sekitarnya Berhenti Tayang Pada 20 Maret 2023

“Kami sudah siap sejak 2022 kemarin. Kami juga sudah serahkan masalah ini kepada Kementerian Kominfo dan ditindak lanjuti oleh lembaga penyiaran sebagai penyelenggara multiple flexing yang mendapat tugas untuk membagikan STB di Banjarmasin,” beber Windiasti.

Mantan Sekretaris Dinas PUPR Kota Banjarmasin ini mengungkapkan saat ini baru dilakukan pembagian untuk  desil 1 Data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) dengan jumlah sekitar 8.800 penerima.

BACA JUGA : Harga STB Melambung, Seiring Meningkatnya Permintaan Dan Berhentinya Siaran Analog

“Mereka dapat STB secara gratis sesuai arahan pusat. Jadi, mereka yang dapat STB tercatat dalam data P3KE. Sekarang, kami baru dapat jadwal dari Kemenkominfo itu bahwa desil 1 tadi sejumlah 8.800-an,” beber Windi.

Direktur Penyiaran Ditjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kemenkominfo RI, Geryantika Kurnia mengungkapkan bahwa pembagian STB untuk desil 1 P3KE di Kota Banjarmasin itu sudah memasuki persentasi di angka 78 persen.

BACA JUGA : Bagi Ribuan STB, Diagendakan Siaran TV Analog di Banjarmasin Dihentikan pada 9 Januari 2023

“Perlu disampaikan kepada masyarakat yang masih belum dapat STB jangan khawatir. Sebab, mereka bisa mendaftarkan diri secara mandiri di aplikasi bantuan STB,| beber Geryantika Kurnia.

Untuk diketahui, Banjamasin masuk dalam wilayah Kalsel 1 ASO bersama Kabupaten Barito Kuala (Batola), Tanah Laut (Tala), Kabupaten Banjar dan Kota Banjarbaru. Direncanakan pada 20 Maret 2023 akan diberlakukan penghentian siaran televisi analog untuk migrasi ke siaran TV digital.(jejakrekam)

Pencarian populer:aso banjarmasin 20 maret 2023
Penulis Sirajuddin
Editor Siti Nurdianti

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.